visitaaponce.com

6 Rekomendasi Aplikasi VPN untuk PC yang Aman dan Efektif Membuka Blokir Situs, Gratis

6 Rekomendasi Aplikasi VPN untuk PC yang Aman dan Efektif Membuka Blokir Situs, Gratis!
Ilustrasi Aplikasi VPN((Pixabay/StefanCoders))

Bukan hanya untuk membuka situs yang diblokir, aplikasi VPN juga memiliki manfaat penting lainnya, terutama untuk kamu si penjelajah internet.

Dengan bantuan VPN atau Virtual Private Network, keamanan saat browsing internet jadi meningkat, di mana pihak ketiga tidak bisa dengan mudah membaca aktivitas online-mu.

VPN juga dapat memblokir iklan, melindungi email, hingga menyembunyikan alamat IP, Dengan begitu, kamu dapat dengan leluasa browsing tanpa khawatir data pribadi dicuri oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Lebih dari itu, aplikasi VPN juga dapat memungkinkan kamu mengunduh file dengan dkecepatan tinggi dan menonton film yang hanya terdapat di situs negara lain.

Nah, jika kamu ingin menikmati semua manfaat di atas, maka beberapa aplikasi VPN ini bisa menjadi solusi dan dapat kamu gunakan secara gratis.

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Karaoke Terbaik untuk HP Android, Cocok Buat Kamu yang Hobi Nyanyi

Rekomendasi Aplikasi VPN

1. PrivadoVPN

Tidak kalah dengan VPN lain yang berbayar, PrivadoVPN memiliki banyak kelebihan yang dapat menguntungkan para pecinta film.

Aplikasi VPN ini bisa membuka blokir platform Netflix versi Amerika Serikat, Amazon Prime Video, sampai Disney Plus. Selain itu, kecepatannya termasuk tinggi dengan bandwidth yang dibatasi 10 GB per bulan.

Kamu bisa mendapatkan berbagai macam layanan secara gratis, tetapi ada juga sejumlah fitur yang hanya tersedia jika kamu berlangganan versi premium.

Terdapat banyak jumlah server yang ditawarkan, dengan 12 negara yang tersedia, seperti Brazil, Argentina, Perancis, Jerman, Kanada, Belanda, Amerika Serikat, Swiss, dan Inggris.  

PrivadoVPN mudah digunakan untuk kamu yang baru pertama kali memakai VPN. Kecepatan 1 Mbps-nya sudah cukup untuk kegiatan browsing internet sehari-hari.

Namun, kalau kamu ingin kecepatan tak terbatas, maka jalan satu-satunya adalah dengan berlangganan versi premium.

Baca juga: 5 Rekomendasi Game Membangun Kota di Android yang Bikin Ketagihan
 

2. Windscribe

Sama dengan PrivadoVPN, Windscribe juga dapat membuka blokir berbagai macam platform kecuali Amazon Prime.

Jika bicara soal jumlah server, PrivadoVPN masih menjadi pemenangnya, di mana terdapat 10 server yang disediakan secara gratis dalam aplikasi Windscribe.

VPN asal Kanada ini juga memiliki Firewall yang dapat menghentikan koneksi lain yang bukan berasal dari aplikasi. Dengan begitu, ancaman kebocoran data dapat dicegah.

Selain itu, ada juga fitur Double Hop yang memungkinkan kamu terkoneksi ke dua server sekaligus. Dengan fitur itu, Alamat IP jadi makin tersembunyi.

Adapun layanan ini hanya bisa digunakan setelah kamu meng-install aplikasi serta browser extension di Firefox, Opera, atau Google Chrome.

Keamananmu juga bisa meningkat dengan adanya R.O.B.E.R.T yang merupakan alat pemblokir iklan. Bahkan, dalam versi premium, kamu dapat memblokir situs-situs judi hingga clickbait.

Secara keseluruhan, Windscribe dapat menjadi aplikasi VPN yang baik untuk Windows, Mac, maupun Linux. Kamu bisa mendapatkan bandwidth maksimal 10 GB, dengan catatan sudah mendaftarkan alamat email di Windscribe.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik di Play Store Gratis, Ini Keunggulannya

3. ProtonVPN

Kebanyakan aplikasi VPN membatasi pemakaian data setiap bulannya. Tapi, hal ini tidak berlaku untuk ProtonVPN, di mana penggunaan datanya tidak terbatas dan menawarkan kecepatan akses internet yang tinggi.  

Kekurangannya ada pada jumlah server yang hanya terdiri dari 3 lokasi, yaitu Jepang, Amerika Serikat, serta Belanda.

Meskipun servernya sedikit dan tidak ada fitur pemblokir iklan, ProtonVPN dilengkapi dengan banyak alat keamanan. Salah satunya adalah Secure Core yang berfungsi untuk melindungi datamu saat menjelajahi internet.

Berbeda dengan aplikasi sejenis gratis pada umumnya, ProtonVPN tidak menganggu kamu dengan iklan yang muncul secara tiba-tiba. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dihalangi iklan saat sedang ingin menyambungkan maupun memutus koneksi ke server di luar negeri.

Baca juga: 6 Aplikasi Edit Video di HP Terbaik dan Gratis, Cocok untuk Pemula dan Profesional

4. AtlasVPN

VPN ini bisa jadi solusi untuk para pengguna Mac yang masih kebingungan mencari aplikasi yang bagus dan aman untuk komputernya.

AtlasVPN memberikan pemakaian data 2GB per harinya. Lain halnya dengan Windows yang kurang lebih sama seperti aplikasi lain, yaitu 10 GB per bulan.

Jumlah server yang ditawarkan juga tidak banyak, yaitu dengan 3 pilihan yang terdiri dari Belanda, New York, dan Los Angeles.

Desainnya yang simpel, cocok untuk para pemula yang baru mencoba menggunakkan VPN.  Kecepatan aplikasi ini juga tinggi meskipun kamu memakai AtlasVPN versi gratis.

Aplikasi ini juga efektif membuka blokir dari situs streaming ternama, seperti Disney Plus dan HBO Max.

Biaya yang dirogoh untuk berlangganan versi premiumnya juga tergolong murah, sekitar Rp180 ribu per bulan.

Meski demikian, versi gratis dari aplikasi ini sebenarnya sudah bagus dengan perlindungan data yang kuat, apalagi untuk pengguna Mac.

Jarang menemukan aplikasi VPN yang ‘berani’ menawarkan pemakaian data sebanyak 2GB per hari.

Baca juga: 6 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik, Dijamin Pemula Jadi Makin Percaya Diri

5. Hide.me

Volume penggunaan data sebesar 10 GB pada Hide.me sekilas membuat aplikasi VPN ini sama dengan yang lain.

Tapi, fitur kostumisasinya lebih bervariasi, meliputi koneksi otomatis, DNS kustom, hingga browser extension yang terbilang efektif.

Untuk tampilannya, tidak bisa dipungkiri tampak kompleks dibandingkan dengan ProtonVPN dan PrivadoVPN.

Cocok untuk kegiatan torrenting atau mengunduh file dengan aplikasi BitTorrent, Hide.me menyajikan 5 pilihan server dilengkapi dengan kecepatan hingga 25 Mbps.

Kecepatan tersebut sudah tepat untuk kamu yang suka streaming dan browsing di internet.

Selain itu, fitur keamanannya juga tidak main-main. Hide.me diklaim ampuh mencegah kebocoran alamat IP sekaligus data pribadi.

6. TunnelBear

Identik dengan tampilannya yang memanjakan mata, kamu tidak akan mudah bosan saat memakai aplikasi VPN ini.

Dengan aplikasi ini, lokasimu saat ini ditandai dengan ilustrasi domba yang akan berubah menjadi beruang saat berhasil terhubung ke salah satu server. Menarik, bukan?

Sejauh ini, TunnelBear memiliki dua fitur utama berupa GhostBear dan SplitBear dengan fungsi penting untuk meningkatkan keamanan serta kenyamanan saat memakai internet.

Ghostbear menyembunyikan data VPN-mu, sedangkan SplitBear memungkinkan kamu untuk menentukan situs mana saja yang akan diakses menggunakkan koneksi VPN .

Tingkat keamanannya tergolong tinggi dengan enkripsi AES-256 yang merupakan salah satu jenis paling kuat. Jadi, koneksi internet benar-benar terjaga.

Berbeda dengan level keamanan, tingkat kecepatan TunnelBear tidak setinggi aplikasi lain.  Meski begitu, kecepatannya sudah cukup untuk browsing internet.

Lain lagi kalau kamu menggunakkan aplikasi ini untuk streaming konten High Definition atau berkualitas tinggi. Batas pemakaian datanya pun hanya 500 mb hingga 1,5 GB tiap bulan.

Intinya, Tunnel Bear pas untuk pemula yang membutuhkan aplikasi simpel dengan desain yang menarik dan tidak peduli dengan berbagai macam kustomisasi atau fitur kompleks.

Volume penggunaan datanya juga terbilang sedikit dibandingkan dengan aplikasi lain. Namun, TunnelBear patut untuk dicoba terutama kalau kamu baru pertama kali memakai VPN.

Baca juga: 9 Rekomendasi Aplikasi Pengubah Suara Terbaik, Cocok Buat Kamu yang Suka Ngonten dan Main Game

Masing-masing aplikasi yang direkomendasikan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, baik itu dari tingkat kecepatan sampai batas pemakaian data.

Akan tetapi, semua aplikasi punya tingkat keamanan yang diklaim cukup untuk melindungi data milikmu saat sedang menjelajahi internet.

Beberapa di antaranya juga ampuh untuk membuka blokir dari situs-situs streaming film dan menawarkan fitur yang hampir sama dengan kebanyakan VPN versi premium atau berbayar.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang masih bimbang mencari aplikasi VPN yang aman, cepat, dan efektif membuka blokir sejumlah situs. 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Pricilia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat