visitaaponce.com

Kasus Mpox Terus Meningkat, Kini sudah 33 Kasus

Kasus Mpox Terus Meningkat, Kini sudah 33 Kasus
Ilustrasi.(MI.)

KASUS cacar monyet atau yang kini disebut mpox terus meningkat dan meluas ke beberapa daerah lain. Kini penyakit zoonosis tersebut sudah dilaporkan 33 kasus di Indonesia.

Epidemiolog dari Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Masdalina Pane mengatakan pemerintah perlu meningkatkan kewaspadaan karena transmisi komunitas dinilai lebih sulit dikendalikan. Kalau sudah transmisi komunitas memang lebih sulit untuk dikendalikan. 

"Kasus pertama tahun 2022 import cases, hanya 1 kasus dan cepat dideteksi sampai diisolasi sehingga tidak menyebar banyak. Sementara kasus yang terjadi sekarang tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri. Artinya, ada transmisi lokal dan kasus indeksnya tidak diketahui," ungkap Masdalina saat dihubungi, Sabtu (4/11).

Berdasarkan laporan dari Kementerian Kesehatan per 3 November 2023 kasus konfirmasi mpox di Indonesia mencapai 33. Ini terjadi di DKI Jakarta 26 kasus, Banten 5 kasus, hingga Jawa Barat 2 kasus.

Pada dasarnya penyakit menular tidak menular dengan tiba-tiba. Dia menular secara sistematis tergantung pada aktivitas dan kegiatan pembawanya.

"Idealnya pengendalian penyakit yang bagus indikasinya ialah tidak ada penambahan kasus baru setidaknya pada dua masa inkubasi terpanjang dan tidak ada perluasan wilayah penyakit," kata Masdalina. 

Jika keduanya tidak tercapai, bisa dikatagorikan kita gagal untuk melakukan containment terhadap penyakit tersebut. "Itu merupakan dua indikator standar dalam pengendalian wabah," pungkasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat