visitaaponce.com

PGPAUD FIP UPI dan Tanoto Foundation Gelar Seminar Sosialisasi MBKM

PGPAUD FIP UPI dan Tanoto Foundation Gelar Seminar Sosialisasi MBKM
PGPAUD FIP UPI bekerja sama dengan Tanoto Foundation menyelenggarakan Seminar sosialisasi MBKM di Bandung.(Ist/Tanoto Foundation)

PROGRAM studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (PGPAUD FIP UPI) bekerja sama dengan Tanoto Foundation menyelenggarakan Seminar sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan tema “Kupas Tuntas MBKM dan Peranannya dalam Pengembangan Diti Mahasiswa” pada Rabu, 8 November 2023.

Seminar ini merupakan salah satu program yang ditetapkan dalam rangka mendukung kebijakan program MBKM.

Selain dengan Tanoto Foundation, kerja sama juga dilakukan Prodi PGPAUD UPI dengan Pusat Unggulan Etnoparenting UPI dan Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB).

Agar mahasiswa mendapatkan manfaat yang optimal, pengenalan mengenai program MBKM pada mereka menjadi langkah awal untuk memahami konsep dan esensi dari serangkaian kegiatan MBKM.

Baca juga: Anak Muda Perlu Tingkatkan Kapasitas Demi Meraih Manfaat Bonus Demografi

Akan tetapi,kegiatan sosialisasi dan berbagi pengalaman dari para alumni program MBKM terkait pelaksanaan program dilapangan selama ini masih minim dilakukan.

Oleh karena itu, kegiatan seminar ini dapat menjadi salah satu pengalaman berharga bagi mahasiswa yang ingin mengikuti program MBKM secara lebih komprehensif.

“Program ini diperuntukkan bagi semua mahasiswa UPI, baik jurusan PGPAUD maupun nonPGPAUD UPI. Mahasiswa semester 5 diprioritaskan untuk mengikuti seminar ini, walau pun tidakmenutup kemungkinan adik tingkatnya di semester 3 dan 1 juga ikut serta." ujar Yeni Rachmawati, M.Pd., Ph.D., Ketua Program Studi PGPAUD FIP UPI sekaligus salah satu narasumber utama dalam seminar ini..

"Karena semakin dinimemahami MBKM, semakin baik, karena dapat merencanakan studinya dengan optimal.” kata Yeni Rachmawati.

Baca juga: Bermain Sambil Belajar, Jenis Permainan Sederhana Ini Banyak Manfaatnya untuk Anak Usia Dini

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Prof. Dr. Rudi Susilana, M.Si, menyampaikan bahwa seminar sosialisasi MBKM ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana MBKM dapat diintegrasikan ke dalam rencana studi guna mengembangkan keterampilan mereka.

Melalui seminar ini, mahasiswa dapat memperoleh informasi yang lengkap mengenai pemanfaatan program MBKM, persyaratan yangdibutuhkan, serta berbagai peluang dan manfaat yang dapat diperoleh dari program MBKM.

Baca juga: Cara Cegah Bullying? Mari Ajarkan Kasih Sayang Sejak Dini 

Selain Yeni, berperan sebagai keynote speaker dalam acara sosialisasi MBKM ini adalah Dr. YusiRiksa Yustiana, M.Pd., selaku koordinator program MBKM UPI, serta para mahasiswa yang telah menyelesaikan atau sedang melaksanakan program MBKM.

Mereka adalah mahasiswa darisemester 7 dan alumni. Seminar sosialisasi MBKM ini terdiri dari dua sesi, yakni pemaparanmateri oleh narasumber utama dari akademisi, serta sesi paralel yang diisi oleh mahasiswa pelaku MBKM.

Dari sembilan jenis program MBKM yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), UPI memilikiperwakilan dari tiap jenisnya.

Program MBKM yang dilaksanakan oleh PGPAUD UPI antara lain:PMM; Kampus Mengajar; Program Magang dan Studi Independen (MSIB); P3K UPI; SEAMEOCECEP; Magang Tanoto Foundation; IISMA; dan Riset/Penelitian mandiri. Setiap perwakilan yangsebagian besar berasal dari mahasiswa PGPAUD ini antusias menjadi narasumber parallel sessiondalam seminar ini.

Baca juga: Cara Menyenangkan Ajarkan Anak Kebiasaan Mencuci Tangan

Program Coordinator SIGAP Kabupaten Pandeglang Tanoto Foundation, Panji Aziz Pratama mengatakan bahwa Tanoto Foundation terus mendukung beragam program yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek, salah satunya termasuk program MBKM.

“Tanoto Foundation turut bangga dapat terlibat dalam program MKBM yang dilaksanakan oleh PGPAUD UPI. Kegiatan magang yang dilaksanakan oleh para mahasiswa PGPAUD UPI untuk program Rumah Anak SIGAP di Kabupaten Pandeglang beberapa waktu lalu tidak hanya memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar langsung di lapangan," kata Panji.

"Tapi juga memberikan banyak insight bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik dalam mengerjakan program kami. Diharapkan program ini dapat bermanfaat dan berdampak positif bagi generasi muda di Indonesia,” ujar Panji.

Kegiatan seminar sehari ini dirancang untuk memberi kebermanfaatan pada mahasiswa dalammengambil keputusan, mendukung minat, serta membuka jalan untuk mengambil pengalaman belajar secara langsung melalui program MBKM yang diusung pemerintah.

Hal ini dilakukan gunamendukung visi Pendidikan Indonesia untuk menghasilkan masyarakat yang cerdas dan unggul dimasa depan. (RO?S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat