visitaaponce.com

Faktor-Faktor yang Pengaruhi Kualitas Benih agar Punya Keturunan

Faktor-Faktor yang Pengaruhi Kualitas Benih agar Punya Keturunan
Seminar kesehatan dengan topik Generasi Bermutu dan Benih Bermutu, belum lama ini.(Dokpri.)

MEMILIKI keturunan merupakan harapan kebahagiaan bagi setiap pasangan suami istri. Jika ingin memiliki keturunan, fertilitas atau kesuburan merupakan faktor penting yang wajib diperhatikan. Fertilitas atau kesuburan didefinisikan sebagai kemampuan suami ataupun istri untuk bereproduksi atau menghasilkan keturunan. 

Prof. Dr. dr. Zulkifli Jacoeb, Sp.OG K.FER menganalogikan reproduksi layaknya bercocok tanam. "Rahim wanita adalah kebunnya. Benihnya adalah sperma dan ovum. Untuk menghasilkan generasi keturunan yang baik, sehat dan bermutu, tidak hanya kebunnya yang harus subur. Benih dari orangtuanya pun harus baik," papar Prof. Zulkifli Jacoeb, dokter spesialis kebidanan dan kandungan SamMarie, pada seminar kesehatan dengan topik Generasi Bermutu dan Benih Bermutu, belum lama ini.

Banyak sekali faktor yang memengaruhi, lanjutnya, kualitas benih. Di antaranya ialah gaya hidup modern seperti makan-makanan cepat saji, junkfood, merokok. Selain itu, bertambahnya usia juga menjadi penyebab sel telur ovum secara kuantitas dan kualitas menurun.

Baca juga: Catat! Olahraga Teratur dan Diet Rendah Karbohidrat Penting Jaga Kualitas Sel Telur

Narasumber lain, dr Luthfi Hardianto, Ph.D, Sp.And, juga menjelaskan bahwa, selain wanita perlu mempersiapkan rahim dan sel telurnya, para suami juga harus memeriksakan kualitas spermanya. "Faktor-faktor yang menyebabkan infertilias itu tidak hanya di sisi wanita, pria juga memiliki potensi infertilitas," ujar dr Luthfi Hardianto. 

Untuk itu, dia menyarankan, apabila dalam 6 bulan pertama, pasutri belum juga ada tanda kehamilan, sebaiknya diperiksa agar bisa dievaluasi dan diintervensi segera. "Tidak selalu kondisi infertilitas itu akan berujung pada bayi tabung. Banyak sekali pasutri yang setelah kita atur dengan program yang sesuai, dapat hamil alami," jelasnya. 

Dia juga menjelaskan bahwa kualitas sperma juga dipengaruhi oleh banyak faktor. Selain lifestyle, olahraga tertentu juga dapat menurunkan kualitas sperma.

Baca juga: Indonesia Alami Penurunan Fertilitas

Dia juga menegaskan bahwa fokus program hamil (promil) semata-mata tidak hanya untuk mendapatkan kehamilan, tetapi juga mempersiapkan diri calon ayah dan calon ibu secara fisik dan mental untuk menghadapi kehamilan, sehingga calon ibu dapat mengalami kehamilan yang sehat. Selain mengedukasi, pada event ini juga SamMarie mengeluarkan paket fertility check up yang terjangkau, mulai dari Rp1.499.000 meliputi pemeriksaan kondisi organ reproduksi wanita dan analisa sperma. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat