visitaaponce.com

PKS Usulkan Biaya Haji Sebesar Rp91,8 Juta

PKS Usulkan Biaya Haji Sebesar Rp91,8 Juta
Petugas Pelayanan Pendaftaran Haji Kemenag Kota Banda Aceh(Antara)

ANGGOTA Komisi VIII DPR RI Fraksi PKS Iskan Qolba Lubis mengusulkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun depan sebesar Rp91,8 juta. Angka tersebut tentunya di bawah dari usul dari Kementerian Agama (Kemenag) yang mencapai Rp94,3 juta.

"Harga yang rasional itu Rp91,8 juta dengan asumsi perhitungan biaya asuransi yang dinilai terlalu banyak ambil untung," kata Iskan dalam rapat kerja di Senayan Jakarta, Rabu (22/11).

Menurutnya asuransi terlalu mengambil untung. Jika ada jemaah meninggal biaya asuransi Rp25 juta. Tahun lalu jemaah yang meninggal sebanyak 773 jemaah maka asuransi yang dibayar Rp19,32 miliar.

Baca juga : Setelah Rasionalisasi Ulang, Kemenag Usul Biaya Haji 2024 Rp94,3 Juta

"Sehingga asuransi dikatakan untung 30 persen karena di asuransi banyak permainan perusahaan perantara harus hati-hati. Kemudian semua bisa disisir," ujar dia.

Baca juga : Pahami Perebedaan BPIH dan Bipih dalam Ibadah Haji

Di kesempatan yang sama Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PKB Maman Imanul Haq mengatakan komisinya ingin kenaikan BPIH sebenarnya hanya 3% sesuai persentase inflasi. Sementara perhitungan dari Kemenag kenaikan BPIH mencapai 5%.

"Saya melihat titik lain ada beberapa catatan pelayanan umum Arab Saudi yang misalnya yang bisa diturunkan. Kemudian perlindungan dalam negeri ini dalam konteks apa? meski kecil-kecil ini bisa mengurangi biaya," ujar Maman.

Ia menyebutkan bahwa presentase yang dari beberaa item bisa disisr sehingga bisa angka BPIH bisa berada di sekitar Rp93,5 juta per jemaah. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat