visitaaponce.com

Indonesia Tamu Kehormatan Pameran Iptek Internasional di Tiongkok

Indonesia Tamu Kehormatan Pameran Iptek Internasional di Tiongkok
Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun(HO)

INDONESIA didapuk menjadi tamu kehormatan dalam 'The 11th China Science & Technology City International High-Tech Expo' di Kota Mianyang, Provinsi Sichuan, Tiongkok, 22-26 November 2023.

Dalam pameran yang mengangkat tema 'Lead by Science and Technology—Innovation, Transformation, Opening-up and Cooperation', Indonesia ditunjuk menjadi guest country of honor dalam dalam rangka memperingati 10 tahun kerja strategis Indonesia-Tiongkok serta menindaklanjuti pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, Juli lalu.

"Melalui paviliun Indonesia, masyarakat Tiongkok dapat melihat capaian inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Terdapat lima prioritas yang ingin Indonesia fokuskan dalam bidang riset dan teknologi yaitu di bidang ekonomi hijau, ekonomi maritim, ekonomi digital, kesehatan, serta pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun saat membuka paviliun Indonesia di pameran tersebut.

Selain bidang iptek, paviliun Indonesia menyajikan produk-produk ekspor makanan dan minuman unggulan yang telah mamasuki pasar di Tiongkok dalam program Indonesia Shopping Festival seperti sarang burung walet, kopi, wafer, biskuit, santan, minuman air kelapa, dan lainnya. Paviliun Indonesia juga hadir dengan promosi budaya dengan penampilan tarian Enggang oleh Sanggar Tari Yingde Rainbow Thousand Island.

Indonesia juga memamerkan foto-foto keindahan alam dan kebudayaan dalam ajang 'Indonesia Nature and Cultural Photography Exhibition' yang diselenggarakan di Museum Mianyang 21 November 2023-21 Februari 2024. "Terdapat 80 foto keindahan alam dan budaya Indonesia yang dipamerkan khususnya Bali dan lima destinasi super prioritas Indonesia yaitu Danau Toba, Borobudur, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo,” ujar R Wisnu Shindutrisno, Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I (Asia Pasifik), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, saat membuka pameran fotografi.

Berdasarkan data BPS hingga September 2023, jumlah wisatawan dari Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia mencapai 556.535 wisatawan atau melebihi target yang ditetapkan untuk 2023 sebesar 365.000 wisatawan. Wisatawan asal Tiongkok menduduki peringkat keempat terbanyak setelah Malaysia, Australia, dan Singapura.

Sementara dalam bidang perdagangan dan investasi, RRT merupakan mitra dagang terbesar Indonesia. PadaJanuari – September 2023, berdasarkan data kepabeanan Tiongkok (China Custom), total nilai perdagangan kedua negara mencapai USD 103,21 miliar. Sedangkan investasi RRT ke Indonesia pada periode periode yang sama, sesuai rilis Kementerian Investasi RI/BKPM, mencapai USD 5,6 miliar.

Sementara itu, delegasi Indonesia yang dipimpin Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melakukan pertemuan bilateral dengan Cao Lijun, Anggota Komite CPC Provinsi Sichuan dan Sekjen CPC Kota Mianyang. Pada kesempatan tersebut dibahas potensi kerja sama Indonesia-Tiongkok, khususnya dengan Provinsi Sichuan di bidang iptek.

"Untuk melanjutkan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berkelanjutan, Indonesia mengusung enam agenda yang diharapkan dapat berkolaborasi dengan Provinsi Sichuan yaitu industrialisasi, interkoneksi, digitalisasi, dekarbonisasi (transisi energi), distribusi/pemerataan ekonomi, dan pendidikan," ujar Menkes. (RO/R-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat