visitaaponce.com

Wali Kota Madiun Maidi dan Tina Toon Jadi Wisudawan Kehormatan UT

Wali Kota Madiun Maidi dan Tina Toon Jadi Wisudawan Kehormatan UT
Tina Toon dan Wali Kota Madiun Maidi menjadi wisudawan kehormatan UT, Selasa (28/11).(MI/Syarief)

SEJUMLAH figur publik dan pejabat negara menjadi wisudawan kehormatan Universitas Terbuka (UT), hari ini. Mereka adalah Maidi, Wali Kota Madiun yang menjadi Doktor pertama UT, dan Agustina Hermanto atau Tina Toon, selebritas yang juga anggota DPRD DKI Jakarta.

Rektor UT Ojat Darojat didampingi Wakil Rektor UT M Yunus di sela sela wisuda mengutarakan syukurnya karena UT mendapatkan kepercayaan sebagai tempat kuliah bagi kedua figur publik itu.

"Seperti public figur yang lain, mungkin belajar jarak jauh cocok buat mereka yang sibuk, sehingga perlu ada waktu yang fleksibel untuk belajar. UT sangat banyak peminatnya tetapi kita tetap menjaga mutu, kualitas. Jadi sebanyak apa pun yang kita terima, mutu kita tetap jaga," kata Ojat Darojat dengan nada semangat ketika ditemui Media Indonesia, Selasa (28/11).

Baca juga : Universitas Terbuka Luluskan Doktor Pertama Wali Kota Madiun

Pada Wisuda UT Pusat kali ini mengambil tema “Bergerak Melayani Bangsa Bersama UT PTNBH " di gedung UTCC, Pondok Cabe,Tangerang Selatan (Tangsel), Banten,

Ia mengatakan, para wisudawan UT sesungguhnya merupakan warga pilihan. Mereka menjadi pembelajar mandiri tangguh selama kuliah di UT dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Baca juga : Universitas Terbuka Dinamis Manfaatkan Artificial Intelligence

Wisuda kali ini dihadiri 2.100 wisudawan mulai jenjang diploma, sarjana S1, magister, dan doktoral, serta program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Yang menarik pada wisuda UT Pusat Periode I Wilayah Dua kali ini terdapat lulusan pertama program doktoral dan lulusan pertama program PPG, jadi UT telah pecah telur untuk dua program unggulan tersebut.

Ojat meyakini perguruan tinggi akan dilihat oleh masyarakat ketika mampu menjaga kewibawaan akademik nya.

M Yunus menambahkan UT terus menjaga kualitas pembelajaran dalam meningkatkan kualitas lulusan. " Para mahasiswa UT penuh perjuangan untuk dapat lulus.Maka wisuda yang kami gelar menjadi buah kehormatan bagi wisudawan," tegas Yunus.

Dalam kesempatan sama, Walikota Madiun, Maidi mengutarakan ia memilih S3 UT Prodi Administrasi Publik untuk meningkatkan kompotensi ilmu.juga solusi dari pekerjaan pemerintahan yang digelutinya.

"Sebagai Walikota saya sering menghadapi masalah dalam mengambil kebijakan-kebijakan. Disitulah UT, kenapa saya kuliah disini, dimana kita mengambil kebijakan,yang didiskusikan dengan cermat dalam mengambil keputusan, " kata Maidi.

Dikatakan dalam mengambil keputusan biasanya diperlukan konsultan dari luar untuk mengatasi masalah dalam mengambil kebijakan sebagai wali kota yang berbiaya cukup mahal. "Disinilah di UT kita ketemu para guru besar di UT hingga saya dapat mengambil keputusan dari sini tentang masalah perkotaan yang dihadapi," cetusnya

Dengan begitu, hemat dia, adanya sinergi dengan perguruan tinggi sangat baik dalam mencetak SDM unggul yang juga dapat digunakan daerah lain.

Tina Toon senang

Bagi Tina Toon yang lulus S1 Prodi Ilmu Hukum UT dirinya merasa senang mampu membagi waktu di tengah kesibukannya sebagai legislator.

"Ternyata saya dapat berbagi waktu menempuh S1 Ilmu Hukum di UT. Seiring berjalan waktu, sangat efektif, bahwa kuliah di UT merupakan Merdeka Belajar yang sesungguhnya," tukas Tina yang sebelumnya telah lulus S1 Ilmu Komputer di Binus dan S2 Ilmu Hukum di Untar.

Dengan lulus S1 dan S2,Prodi Ilmu Hukum ia berniat akan melengkapi melanjutkan jenjang S3 Ilmu Hukum. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat