visitaaponce.com

Universitas Terbuka Dinamis Manfaatkan Artificial Intelligence

Universitas Terbuka Dinamis Manfaatkan Artificial Intelligence
(UNIVERSITAS TERBUKA)

UNIVERSITAS Terbuka (UT) dinamis dalam mengembangkan diri terkait sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pemanfaatan teknologi terkini semakin membuka kemungkinan baru dan meningkatkan kualitas untuk kegiatan pembelajaran, baik di dalam maupun di luar kelas.

Rektor Universitas Terbuka, Prof Ojat Darojat, menyebutkan pemanfaatan teknologi tersebut sejalan dengan penyelenggaraan 3rd International Conference on Innovation in Open and Distance Learning (INNODEL 2023) dengan tema, Emerging Technology in Open and Distance Education: Opportunity, Agility, and Adaptability.

“Di era transformasi digital, tidak dapat dimungkiri, semua komponen pendidikan tinggi, bahkan sampai ke jenjang di bawahnya, ‘dipaksa’ untuk mengintegrasikan teknologi di dalam proses pembelajaran,” papar dia di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Senin (23/10).

Baca juga: FST Universitas Terbuka Gelar The 3rd International Seminar of Science and Technology

Di saat bersamaan, pemanfaatan teknologi juga dapat membuat sistem pendidikan lebih efektif dan efisien. “Misalnya, penggunaan artificial intelligence (AI) juga sangat mendukung bidang pendidikan,” katanya.

Sejumlah negara pun sudah memanfaatkan AI atau kecerdasan buatan di dunia pendidikan. Beberapa contoh penerapan AI dalam dunia pendidikan, yakni mesin pembelajaran (machine learning), chatbot, augmented reality/AR, hingga virtual reality/VR.

Walau ada pendapat bahwa AI tersebut bisa menggantikan peran manusia, menurut Ojat, masyarakat tidak perlu khawatir. Di UT, pemanfaatan AI dapat membantu meringankan pekerjaan tenaga pendidik atau dosen dalam memeriksa jawaban ujian mahasiswa. Dosen kini tidak lagi disibukkan untuk memeriksa jawaban mahasiswa satu per satu.

“Pemeriksaan hasil ujian juga lebih akurat karena mesin ini kan tidak mengenal lelah,” kata dia. Unsur-unsur subjektivitas antara tenaga pendidik dan mahasiswa juga bisa dihilangkan.

Baca juga: KBRI Kuala Lumpur Gelar Wisuda Universitas Terbuka (UT) se-Malaysia

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DI Yogjakarta, Didik Wardaya, mengatakan pendidikan jarak jauh sudah menjadi kebutuhan dan menjadi solusi bagi kendala pendidikan.

“PJJ mampu menjawab kebutuhan pendidikan dengan menyediakan akses bagi masyarakat luas. Hal terpenting ialah jaminan kualitas yang ditawarkan sebagai fondasi dan tetap memperhatikan keterjangkauan finansial sehingga masyarakat bisa mendapatkan pendidikan yang setara dari dasar sampai universitas,” ungkap Didik Wardaya saat membacakan sambutan Gubernur DI Yogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwana X.(AT/H-1)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat