visitaaponce.com

KBRI Kuala Lumpur Gelar Wisuda Universitas Terbuka UT se-Malaysia

KBRI Kuala Lumpur Gelar Wisuda Universitas Terbuka (UT) se-Malaysia
KBRI Kuala Lumpur menyelenggarakan upacara wisuda Universitas Terbuka (UT) se-Malaysia di Aula Hasanudin KBRI, Minggu (17/9).(Ist)

KEDUTAAN Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur menyelenggarakan upacara wisuda Universitas Terbuka (UT) se-Malaysia di Aula Hasanudin KBRI, Minggu (17/9).

Seluruh wisudawan merupakan pekerja migran Indonesia (PMI) yang bekerja di berbagai sektor pekerjaan, dari manufaktur (kilang), konstruksi (bangunan), penata laksana rumah tangga (PLRT), hingga perkebunan.

Dalam acara wisuda tersebut, UT meluluskan 79 wisudawan jenjang sarjana, yang berasal dari Fakultas Ekonomi (42 orang) dan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP) (37 orang).

Baca juga: Wapres Apresiasi Kontribusi UT Bagi Kemajuan Bangsa

Di wisuda kali ini, ada tiga orang yang menjadi wisudawan terbaik yaitu Dwi Almina dengan IPK 3.80 dari Pokjar Kuala Lumpur, Frendi Antono (IPK 3.63) dari Johor Bahru, dan Sri Devi Haryanti (IPK 3.63) dari Pokjar Penang.

Sebagai informasi, jumlah mahasiswa UT di seluruh wilayah Malaysia saat ini adalah sebanyak 1,734 orang. Mereka terbagi dalam enam Kelompok Belajar (Pokjar) yakni Pokjar Kuala Lumpur (557 orang), Pokjar Penang (503 orang), Pokjar Johor Bahru (457 orang), Pokjar Kinabalu (120 orang), Pokjar Tawau (48 orang), dan Pokjar Kuching (39 orang).

Baca juga: Animo Generasi Muda Tempuh Kuliah di Kampus UT semakin Tinggi

Acara Wisuda UT se-Malaysia tahun ini dihadiri oleh Wakil Duta Besar Rossi Verona, Atdikbud Muhammad Firdaus, Koordinator Fungsi Pensosbud Yoshi Iskandar, Acting Konsul Jenderal RI Penang Kiki Tjahjo Kusprabowo, Pensosbud KJRI Johor Bahru Cindy Mayrianti, dan Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Frini Napasti.

Adapun dari Universitas Terbuka dihadiri oleh Wakil Rektor II Ali Muktiyanto, Staf UT Layanan Luar Negeri Dina Arianti, dan para pengurus UT di Malaysia.

KBRI Beri Aksel Layanan Pendidikan bagi PMI

Dalam pidato sambutannya, Wakil Duta Besar RI untuk Malaysia Rossi Verona menyampaikan ke depan KBRI akan menjajaki pemberian akses layanan pendidikan bagi PMI secara lebih luas. Diharapkan WNI di Malaysia dapat meningkatkan kapasitas pendidikan mereka sebagai bekal kembali ke kampung halaman.

Baca juga: Lindungi Pekerja Migran, Deklarasi ASEAN Jangan Hanya Jadi Komitmen

Atdikbud KBRI Kuala Lumpur Muhammad Firdaus menjelaskan KBRI Kuala Lumpur senantiasa memfasilitasi kegiatan masyarakat terkait pendidikan dan sosial budaya di Malaysia.

“Apalagi yang diwisuda adalah para PMI yang selama ini dengan bijak memanfaatkan waktu luang untuk kuliah sambil bekerja,” jelas Atdikbud.

Secara khusus, Wakil Rektor II Universitas Terbuka Ali Muktiyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada KBRI Kuala Lumpur telah menyelenggarakan acara wisuda dan memfasilitasi para PMI untuk dapat meningkatkan kapasitas pendidikan melalui program belajar jarak jauh (PJJ-UT). (Hym/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat