visitaaponce.com

Indonesia Peringkat 79 Tingkat Kemahiran Berbahasa Inggris

Indonesia Peringkat 79 Tingkat Kemahiran Berbahasa Inggris
Ilustrasi(Freepik)

EF Education First (EF), lembaga pendidikan global terkemuka mengumumkan Indeks Kemahiran Bahasa Inggris EF 2023 (EF EPI 2023). EF EPI 2023 melibatkan 2,2 juta peserta tes dari 113 negara dan memberikan pandangan mendalam tentang tingkat kemahiran bahasa Inggris di seluruh dunia.

Dari total peserta tes, sekitar 55% adalah perempuan, dengan rentang usia peserta antara 18 hingga 60 tahun, dan rata-rata usia 26 tahun. EF EPI 2023 adalah sebuah pencapaian signifikan dalam pemahaman global tentang kemampuan bahasa Inggris, memberikan wawasan yang dapat diandalkan untuk berbagai pemangku kepentingan.

Menurut EF EPI 2023, Indonesia saat ini berada di peringkat 79 dari 113 negara dengan tingkat kemahiran bahasa Inggris yang masih di kategori rendah. Dengan skor 469, Indonesia berupaya untuk memperbaiki kemampuan bahasa Inggrisnya agar dapat bersaing lebih baik di tingkat global.

Data menunjukkan bahwa pulau Jawa menjadi wilayah dengan kecakapan tertinggi, sementara Papua menunjukkan kecakapan paling rendah. Jakarta dan Surabaya muncul sebagai kota dengan kecakapan bahasa Inggris paling tinggi.

"Dengan Indeks Kemahiran Bahasa Inggris EF 2023, kami berharap memberikan pandangan yang komprehensif tentang kondisi kemahiran bahasa Inggris di seluruh dunia. Indonesia, meskipun di peringkat 79, menunjukkan tren positif yang menggembirakan," ungkap Emma Walton, EF Director of Academic Affairs dalam keterangan yang diterima, Senin (27/11).

Dikatakan, kemampuan bahasa Inggris memainkan peran krusial dalam daya saing ekonomi, mobilitas sosial, dan inovasi global. "Hasil EF EPI 2023 memberikan pandangan mendalam tentang tren dan tantangan di Indonesia dan seluruh dunia," kata Emma Walton.

Sedangkan Academic Operations Manager EF for Adults Indonesia, Yunita mengidentifikasi beberapa tantangan utama yang dihadapi Indonesia dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di seluruh lapisan masyarakat. "Termasuk akses pembelajaran yang tidak merata dan kualitas pengajaran yang tidak seimbang di berbagai daerah.

Dalam konteks nasional, langkah positif telah diambil oleh pemerintah Indonesia, dengan peningkatan anggaran pendidikan hampir 20% dalam anggaran nasional tahun 2024. Dukungan ini mencakup infrastruktur sekolah, beasiswa, peningkatan kualitas lembaga pendidikan tinggi, dan penguatan riset dan inovasi. Kemahiran bahasa Inggris dianggap
sebagai elemen krusial dalam persiapan menghadapi Era Emas Indonesia pada 2045. (RO/R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat