visitaaponce.com

SGU Luncurkan Program Hybrid and Electric Vehicles HEV dan IT-Cyber Security

SGU Luncurkan Program Hybrid and Electric Vehicles (HEV) dan IT-Cyber Security
Acara peluncuran program studi ybrid and Electric Vehicles dan IT - Cyber Security di Alam Sutra, Serpong, Tangerang, Banten.(Ist)

SWISS German University (SGU) dengan bangga meluncurkan dua program studi terbaru yaitu Hybrid and Electric Vehicles dan IT - Cyber Security serta peluncuran Pusat Pengawasan Keamanan (Security Operation Center) pada Sabtu (9/12/2023) bertempat di Alam Sutera Tangerang.

Perubahan menuju mobilitas berkelanjutan telah menjadi prioritas global. Saat ini SGU telah memiliki program studi inovasi Hybrid and Electric Vehicles (HEV) dengan jenjang sarjana.

HEV adalah teknologi otomotif mutakhir yang menggabungkan manfaat dari mesin pembakaran internal dan sistem tenaga listrik.

Baca juga: Swiss German University (SGU) Luncurkan Security Operation Center

Kendaraan ini memiliki dua sumber daya, biasanya mesin bensin atau diesel dan motor listrik, bekerja bersama-sama untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi.

HEV menggunakan sistem pengereman regeneratif canggih untuk menangkap dan menyimpan energi selama perlambatan, yang kemudian digunakan untuk membantu kendaraan selama akselerasi.

Teknologi inovatif ini tidak hanya meningkatkan penghematan bahan bakar dan mengurangi dampak lingkungan, tetapi juga memungkinkan pengoperasian yang lebih lancar dan senyap.

Baca juga: Semangat 'Enhancing Agility Toward Global Competitiveness' Kawal Langkah Wisudawan SGU

HEV telah mendapatkan popularitas sebagai langkah transisi menuju kendaraan listrik sepenuhnya, menawarkan solusi praktis dan ramah lingkungan untuk mengurangi jejak karbon di sektor transportasi.

Keamanan siber menjadi kebutuhan utama  dalam era digital  seperti saat ini. Program Sarjana IT - Cyber Security SGU akan berfokus pada pengembangan solusi keamanan siber yang inovatif untuk melindungi data dan sistem informasi dari serangan siber.

Program Sarjana di Bidang Keamanan Siber di SGU adalah spesialisasi eksklusif yang terdapat dalam kurikulum Teknologi Informasi.

Program ini dirancang dengan cermat untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memahami, menganalisis, dan memperkuat diri terhadap ancaman dan serangan siber yang terus berkembang di dunia digital.

Baca juga: Swiss German University dan Osaka University Gelar Kuliah Umum Teknologi dan Pangan

Mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mendalami aspek-aspek penting seperti konsep Keamanan Siber, kebijakan keamanan siber, teknologi-teknologi terbaru pada keamanan siber, intelijen ancaman siber, pemrograman yang aman serta keamanan jaringan dan manajemen keamanan siber. 

Maulahikmah Galinium selaku Dekan Fakultas Teknik dan Teknologi InformasiSGU mengatakan bahwa misi kami adalah untuk membimbing para mahasiswa untuk berpikiran maju sebagai SDM yang siapkkmenghadapi tantangan percepatan perkembangan teknologi ke depannya.

Dalam pengembangan SDM dengan kompetensi teknologi ini, SGU rencananya akan bekerjasama dengan ASTRAtech serta ekosistem Pendidikan lainnya.

Selain itu menjawab tantangan Pemerintah Indonesia dalam membangun ekosistem kendaraan listrik dan hibrida, supaya nantinya memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 40%, SGU akan bekerja sama dengan beberapa ekosistem yang sudah ada seperti Spora EVdan sebagainya.

Selanjutnya di bidang keamanan siber, SGU sudah bekerja sama sejak tahun 2018 bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk membangun masa depan keamanan siber yang mumpuni. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat