visitaaponce.com

Mayoritas Pemimpin TI Yakini Potensi Manfaat AI

Mayoritas Pemimpin TI Yakini Potensi Manfaat AI
Ilustrasi.(Freepik)

PENERAPAN kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) memberikan banyak manfaat di berbagai bidang. Studi dari survei baru menemukan bahwa 3 dari 4 pemimpin teknologi informasi (TI) global optimistis tentang potensi manfaat AI dari peningkatan efisiensi karyawan hingga solusi keamanan siber otomatis dan lebih dari 2 dari 3 meningkatkan investasi dalam teknologi AI. 

Kehadiran teknologi AI memberikan peluang positif bagi organisasi untuk menjadi lebih produktif, efisien, dan aman. Melihat potensi AI yang sangat besar dan beragam khususnya di Indonesia memberikan peluang bagi pembagunan berkelanjutan, pengaruh sosial, dan tentunya ekspansi ekonomi yang dapat meningkatkan taraf hidup dengan memanfaatkan teknologi AI secara optimal. 

"Namun, sisi lain dari penerapan AI ialah ketidakpastian tentang waktu yang tepat untuk dapat mengadopsi AI karena kurangnya peta jalan implementasi dan kesiapan keseluruhan dari beragam hardware dan teknologi yang ada," ujar Peter Chambers, Managing Director, Sales, APAC, AMD. AMD merupakan perusahaan teknologi komputasi berskala global.

Baca juga : OpenAI Bermitra dengan Surat Kabar Prancis Le Monde dan Prisa Media

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk memastikan organisasi atau perusahaan memiliki platform komputasi terbaik dalam mengimplementasikan solusi AI, AMD berfokus pada pengembangan solusi mutakhir dengan kemampuan AI di seluruh portofolio produk dari cloud hingga endpoint sambil bekerja dalam kolaborasi yang erat dengan industri terbuka software standar. 

Menjawab itu semua, AMD mengumumkan jajaran prosesor AMD Ryzen AI mobile dan desktop untuk segmen enterprise dan consumer mulai dari creator konten, desainer, gamer, hingga pelajar yang memberikan produktivitas lebih optimal dengan pengalaman teknologi AI canggih serta konektivitas premium. AMD Ryzen PRO 8040 Series baru ialah prosesor x86 tercanggih yang dibuat untuk laptop bisnis dan workstation mobile. 

AMD juga menampilkan prosesor desktop AMD Ryzen PRO 8000 Series berkemampuan AI pertama untuk pengguna bisnis yang dirancang untuk menghadirkan kinerja mutakhir dengan konsumsi daya rendah. Ada pula Prosesor AMD EPYC 4004 Series yang melengkapi portofolio CPU server AMD EPYC yang telah ada dengan penawaran baru biaya optimal dengan fitur kelas enterprise dan kinerja terdepan untuk usaha kecil dan menengah serta penyedia layanan hosting IT. Untuk menjangkau segmen konsumen, AMD menghadirkan AMD RyzenTM 8040 Series dengan dukungan AI-ready dan fitur-fitur baru lain untuk pembuatan konten, bermain gim tanpa hambatan dan produktivitas harian dengan kinerja tinggi. 

Fitur AMD Ryzen AI yang dibenamkan pada model-model prosesor tertentu menjadikan AMD semakin terdepan dalam kepemimpinan AI PC-nya. Dengan memanfaatkan CPU, GPU, dan unit pemrosesan saraf (NPU) on-chip khusus, prosesor baru bertenaga AI Ryzen menghadirkan kekuatan pemrosesan AI khusus yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya dengan hingga 16 NPU TOPS (triliun operasi per detik) khusus dan hingga 39 total sistem TOPS. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat