visitaaponce.com

Ini Dampak AI pada Cara Perusahaan Mengelola SDM

Ini Dampak AI pada Cara Perusahaan Mengelola SDM
Co-Founder dan CEO Apiary Academy Jessica Casey Jaya pada acara Future of Work Summit 2024(Dok. Eve Candela F. )

ERA digital saat ini, integrasi teknologi ke dalam berbagai aspek kehidupan memberikan dampak yang besar, khususnya di bidang sumber daya manusia (HR). Teknologi AI (kecerdasan buatan) dan berbagai teknologi HR telah menjadi tonggak penting yang akan mengubah cara perusahaan mengelola sumber daya manusia dan operasional secara keseluruhan.

Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan efisiensi tetapi juga meningkatkan efektivitas manajemen karyawan. Jessica Casey Jaya, Co-Founder dan CEO Apiary Academy, menyoroti pentingnya teknologi salah satunya LARK, sebuah aplikasi produktivitas yang dapat mengotomatiskan tugas-tugas administratif.

"LARK bisa mengubah pekerjaan yang biasanya memakan lima jam menjadi hanya dalam satu menit," ungkapnya saat ditemui media dalam acara Future of Work Summit 2024 di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (27/6).

Baca juga : Kanmo Group Raih Penghargaan Perusahaan dengan Praktik SDM Terbaik

Hal ini menunjukkan bahwa teknologi tidak hanya mempercepat proses, namun juga memberikan waktu berharga bagi karyawan untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih strategis dan kreatif.

Selain itu, Jessica juga mengamati perbedaan dalam adaptasi teknologi antara generasi yang lebih muda dan yang lebih tua. "Tentunya Gen Z akan lebih cepat beradaptasi dengan teknologi, kemarin saya sempat ketemu beberapa pimpinan HR juga mereka memang find it difficult untuk para generasi yang lebih tua adaptasi dengan cepat," katanya. 

Namun demikian, tantangan terbesar bukan hanya terletak pada teknologi itu sendiri, tetapi pada keberanian dan kemauan perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut. 

Baca juga : Ada AI, Ini Pekerjaan yang Terus Berkembang di Masa Depan

"Salah satu contohnya, banyak perusahaan yang dulu mungkin dia enggak mau adaptasi dengan teknologi, jadi semuanya lewat kertas. Itu sih keberanian yang harus diadaptasikan oleh perusahaan dan HR. " jelas Jessica.

Di samping itu, tidak hanya aspek teknologi yang perlu disesuaikan, tetapi juga lingkungan kerja secara keseluruhan. Jessica menekankan pentingnya menciptakan lingkungan yang mendukung untuk semua generasi. 

"Jadi kita harus menciptakan lingkungan kerja yang disesuaikan dengan zaman sekarang dan membuat lingkungan yang saling support," tambahnya.

Menurut Jessica, perubahan ini bukan hanya suatu tantangan, tetapi juga peluang untuk perbaikan yang besar. "Tapi itu (perubahan) bukan tidak mungkin dan bukan hanya suatu challenge, namun juga memberikan peluang untuk ditingkatkan," pungkasnya. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat