visitaaponce.com

Pemerintah Targetkan 30 Juta UMKM Masuk Platform Digital Akhir 2024

Pemerintah Targetkan 30 Juta UMKM Masuk Platform Digital Akhir 2024
Seniman digital tiga dimensi Wandah Kurniawan Prasetiyo mengambar tokoh karakter film anime di studio miliknya di Dinoyo, Malang, Jatim.(Antara/Ari Bowo Sucipto)

PEMERINTAH dalam hal ini, Kementerian Koordinator bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), terus mendorong digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sampai dengan akhir tahun ini ditargetkan 30 juta usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) onboarding pada platform digital.

"Hingga akhir 2023 terdapat sekitar 25 juta pelaku usaha atau sekitar 39% dari total jumlah UMKM yang ada di Indonesia," ujar Plh Deputi IV Kemenko Perekonomian Musdhalifah Machmud di Jakarta pada Rabu (12/6).

Digitalisasi UMKM, sambung Musdhalifah, tidak cukup hanya onboarding. Proses onboarding UMKM ke dalam platform digital merupakan peluang untuk mendorong UMKM bisa naik kelas melalui akses kepada teknologi dan pasar yang lebih luas.

Baca juga : KUR 2024 akan Disalurkan Sebesar 287 Triliun

"Agar bisa memanfaatkan sepenuhnya keberadaan platform digital, UMKM perlu didukung melalui pembinaan dan pendampingan untuk memperkuat manajemen dan tata kelola bisnisnya, sehingga bisa melakukan diversifikasi produk, meningkatkan kualitas produk, bahkan hingga membuka akses kepada pembiayaan," sebut dia.

Saat ini Kemenko Perekonomian telah melakukan proses pengoordinasian antarpemangku kepentingan, seperti K/L terkait, asosiasi, akademisi, dan pelaku industri terkait dengan digitalisasi untuk UMKM.

Adapun beberapa program digitalisasi UMKM yang selama ini melibatkan Kemenko Perekonomian antara lain ialah Program Bangga Buatan Indonesia bersama dengan Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), pembinaan, pelatihan, inisiasi pengembangan program terkait digitalisasi UMKM bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM), serta perluasan infrastruktur digital nasional oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Kemenkominfo). (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat