visitaaponce.com

UBL-Yayasan 74 Hafidzun Alim Kolaborasi Ciptakan Maket Model Pilar Al Quran

UBL-Yayasan 74 Hafidzun Alim Kolaborasi Ciptakan Maket Model Pilar Al Quran
Ilustrasi(HO)

KOLABORASI Universitas Budi Luhur (UBL) melalui prodi Arsitektur dengan Yayasan 74 Hafidzun Alim menciptakan media edukasi Maket Model Pilar Al Quran yang memudahkan untuk menghafal jumlah ayat dan nomor surat dalam Al Quran. Proyek ini merupakan hasil Penelitian Hibah Matching Fund 2023 program Kedaireka Kemendikbudristek berjudul 'Kelayakan Pengembangan Eduwisata Religi Arsitektur Pilar al-Quran dalam mendukung Pariwisata Halal di Indonesia' yang diterima UBL Mei 2023.   

Ini adalah pendanaan program matching fund Kedaireka pertama yang digarap oleh tim dosen dan mahasiswa UBL. Proyek ini melibatkan dosen-dosen dan mahasiswa dari Fakultas Teknik dan Fakulitas Teknologi Informasi, serta didukung oleh dosen dari Fakultas Ekonomi Bisnis dan Fakultas Sosial, Politik dan Studi Global. Tercatat lebih dari 20 mahasiswa terlibat dalam kegiatan tersebut yang kemudian dikonversi dalam program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

Tim MF2023 terdiri dari Ketua, Dr. Putri Suryadari M. Ars (FT), sekretaris Rismawandi (FEB), dan bendahara Sri Kurniasih (FT). Lalu anggota terdiri atas M Ainur Roni (FTI), Bambang Pujiono (Fisig), Peby WP(FT), dan Nifty Fath (FT). "Penelitian yang dilakukan sejak 2021 ini bertujuan membantu Yayasan 74 Hafidzun Alim dimana pemiliknya yaitu, KH Fahmi Basya yang menemukan susunan matematika Pilar Al Quran. Pembuatan maket Pilar Al-Quran tersebut melalui tahap desain gambar arsitektur 2D, aplikasi visual 3D dan aplikasi web. Aplikasi visual dalam bentuk maket ini, dapat disimulasikan sebagai materi edukasi untuk menghafal resume Al Quran menggunakan metode digital,' jelas Putri Suryadari.

Dijelaskan, metode pelaksanaannya meliputi enam 6 tahapan mulai dari konsultasi awal hingga monitoring dan evaluasi. Kegiatan ini berupaya untuk memecahkan permasalahan mitra yang tidak dapat mengembangkan temuannya menjadi produk yang lebih mudah dikenal dan dipahami oleh masyarakat muslim dalam menghafal nomor huruf, nama huruf dan jumlah ayat Al Quran. Maket model pilar Al-Quran tersebut, lanjut Putri, bisa diakses melalui website dan sistem android (HP).

Daikui Putri, Yayasan 74 Hafidzun Alim telah mampu mengoperasikan model mockup 3D Pilar Al Quran dengan sistem digital dan menggunakannya untuk menyiarkan metode menghafal Al Quran secara digital. Hal ini membuat umat Islam dapat dengan mudah mengetahui dan mengingat nomor surah, nama surah dan jumlah ayat, hanya dengan menekan tombol Surah Al-Quran yang diinginkan.

"Kegiatan berlangsung dari April-Desember 2023. Tahun mendatang, produk prototipe yang telah diproduksi diharapkan akan dilanjutkan menjadi objek wisata religi dalam skala yang sebenarnya, bila mendapatkan investor hibah pendanaan untuk projek ini. Karena itu kami berharap bisa berkolaborasi dengan para pengusaha muslim untuk mendukung syiar sains Al Quran ini," jelasnya. (RO/R-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat