visitaaponce.com

Pendidikan Vokasi Siapkan SDM Unggul di Berbagai Bidang

Pendidikan Vokasi Siapkan SDM Unggul di Berbagai Bidang
Ilustrasi pendidikan vokasi(HO)

PENDIDIKAN vokasi memiliki dampak tercepat dalam membangun SDM unggul. Lulusan pendidikan vokasi dapat langsung terjun ke lapangan kerja sehingga dampaknya langsung dapat dirasakan.

"Dalam beberapa tahun terakhir Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) terus melaku transformasi sistem pendidikan, termasuk pendidikan vokasi agar lebih terbuka dan inovatif guna menyiapkan generasi unggul dan inovatif. Sistem pendidikan yang lebih terbuka juga dilakukan agar pendidikan menjadi lebih terintegrasi dan multidisiplin serta menghadirkan lingkungan yang aman dan nyaman," ungkap Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dalam keterangan yang diterima, Jumat (15/5)

Nadiem mengatakan bahwa salah satu kunci pendidikan vokasi adalah pembelajar yang terintegrasi dengan industri untuk meningkatkan kualitas lulusan. Menurutnya, saat ini lebih dari 35 persen anak SMK di Indonesia sudah masuk SMK Pusat Keunggulan. Jumlah tersebut hanya diraih dalam kurun waktu tiga tahun.

Nadiem berjanji program tersebut akan terus ditingkatkan sehingga diharapkan pada 2024 mendatang separuh dari siswa di Indonesia dapat merasakan dampak SMK Pusat Keunggulan dalam mengembangkan talenta mereka dan meningkatkan daya saing Indonesia.

Di sisi lain, saat Peresmian Pembukaan Vokasifest dan Festival Kampus Merdeka ke-3 Tahun 2023 di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jakarta, awal pekan ini, Presiden Joko Widodo menilai penyiapan talenta dan bakat untuk masa depan menjadi lebih konkret dilakukan saat ini di tengah perubahan dunia yang sangat cepat. Menurut Presiden, dunia pendidikan Indonesia harus sesuai dengan kebutuhan masa kini dan masa depan, harus memecahkan masalah, harus juga memanfaatkan peluang yang ada.\

"Perubahan dunia sangat cepat sekali, disrupsi teknologi juga sangat cepat. Oleh karena itu, kita harus berani berinovasi menemukan cara baru dalam hal mengembangkan talenta muda," jelas Jokowi.

Presiden menyatakan pendidikan tinggi dan vokasi juga memiliki peran penting dalam mengajarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan. "Vokasifest dan Festival Kampus Merdeka menunjukkan kolaborasi serta kerja sama konkret antara perguruan tinggi, sekolah, dan industri; sekaligus mendekatkan mahasiswa dan siswa ke dunia kerja," ujar Presiden. (RO/R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat