visitaaponce.com

4 Hal Ini Disinyalir Jadi Penyebab Meningkatnya Kasus Covid-19

4 Hal Ini Disinyalir Jadi Penyebab Meningkatnya Kasus Covid-19
Pemberian vaksin booster untuk mencegah penularan Covid-19(MI/Usman Iskandar)

DIREKTUR Pascasarjana Universitas Yarsi Tjandra Yoga Aditama mengungkapkan, ada empat hal yang menyebabkan peningkatan kasus covid-19 saat ini.

Pertama, penurunan imunitas populasi secara umum, karena sudah rendahnya penularan di lapangan. Lalu sudah lamanya jarak dari mendapat vaksinasi terakhir. Selain itu meningkatnya perjalanan akhir tahun

"Tentang ada tidaknya peran varian baru memang masih dalam penelitian, tapi yang jelas sejak 18 Desember yang lalu maka JN.1 sudah dinyatakan oleh Variant of Interest (VOI) oleh WHO," kata Tjandra dalam keterangannya, Minggu (24/12).

Baca juga : Masyarakat Bisa Vaksin Covid-19 Booster Kedua Mulai 24 Januari

Faktor lainnya ialah covid-19 memang masih ada di dunia, dan tentu mungkin saja ada kenaikan kasus dari waktu ke waktu.

Karenanya, lanjut dia, dalam menghadapi liburan Nataru maka ia mengimbau agar masyarakat divaksin sesuai dengan prosedur yang ada. Kelompok rentan seperti lansia dan orang dengan komorbid perlu mendapat vaksinasi ulangan 6-12 bulan sesudah vaksinasi terakhir. 

"Yang selama ini belum pernah divaksin maka tentu perlu segera vaksin," imbuhnya.

Tentang masker, lanjut Tjandra, maka yang jelas akan baik digunakan oleh mereka yang sedang sakit infeksi saluran napas, lansia serta mereka dengan komorbid, utamanya saat berada dalam kerumunan dan ruangan tertutup.

"Malahan, kalau Singapura menggunakan kata strongly encouraged pakai masker kalau di kerumanan ruang tertutup, bahkan bagi mereka yang tidak sedang sakit, apalagi kalau bertemu kelompok rentan," pungkas Tjandra. (Z-5)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat