visitaaponce.com

BMKG Imbau Masyarakat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Masa Perayaan Tahun Baru 2024

BMKG Imbau Masyarakat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Masa Perayaan Tahun Baru 2024
Warga berteduh dari hujan di Jakarta(MI/Ramdani)

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di masa perayaan tahun baru 2024. Hal itu diungkapkan oleh Plt Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani.

“Meskipun kecenderungan secara umum sifat musim hujan relatif normal, akan tetapi potensi cuaca ekstrem dalam skala harian tetap harus diwaspadai, karena ada beberapa faktor dinamika atmosfer dalam skala regional dan lokal yang dapat berperan dalam memicu potensi cuaca ekstrem dalam skala harian tersebut,” kata Andri saat dihubungi, Jumat (29/12).

Menurut Andri, secara umum, per dasarian II Desember 2023, fenomena El Nino masih menunjukkan aktivitasnya dengan status moderat dan cenderung menjadi netral mulai Maret 2024.

Baca juga : Sebagian Bali Alami Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan

Kondisi tersebut berdampak tidak langsung terhadap durasi musim hujan yang relatif lebih pendek dan sifat musim hujan pada kategori normal hingga di bawah normal pada periode Desember-Januari-Februari secara umum di wilayah Indonesia.

Di sisi lain, ada sejumlah faktor dinamika atmosfer yang mempengaruhi cuaca. Pada Desember ini, Monsun Asia musim dingin mulai aktif yang mengindikasikan adanya angin baratan dan mulai masuknya musim hujan di wilayah Indonesia yang ditandai dengan terjadinya banyak hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Baca juga : Prediksi Cuaca Ekstrem, Jakarta di Guyur Hujan Hari ini dan Besok Kamis 28 Desember 2023

Selain itu fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) diprediksikan mulai aktif kembali di wilayah Indonesia mulai awal 2024, tepatnya mulai 1 januari hingga tanggal 15 Januari 2024. Aktifitas MJO tersebut dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan dan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

“Potensi tersebut dapat diawali di wilayah Sumatra dan Jawa pada periode tanggal 01-04 Januari 2024 dan diprediksikan cukup meluas ke wilayah tengah dan timur Indonesia hingga pertengahan Januari 2024. Dengan adanya Monsun Asia yang aktif dan disertai dengan adanya aktifitas MJO ini, maka potensi cuaca ekstrem hingga periode Januari 2024 perlu diwaspadai,” beber Andri.

Adapun, pada 31 Desember 2023 dan 1 Januari 2024, beberapa wilayah yang masih berpeluang terjadi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat di antaranya Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Untuk wilayah Jabodetabek sendiri, berdasarkan analisis data saat ini potensi hujan intensitas sedang masih dapat terjadi pada periode siang hingga sore hari dan sedikit berlanjut pada malam hari sekitar jam 20.00-21.00 pada 31 Desember 2023.

“Hujan ini umumnya terkonsentrasi terjadi di wilayah Bogor, Depok, Tangsel, Bekasi Selatan, Jaksel, Jaktim, Jakbar, sebagian Jakpus dan Jakut,” imbuh Andri.

Lalu, menjelang tengah malam hingga dini hari 1 Januari kondisi cuaca umumnya berawan, sedangkan untuk potensi hujannya di wilayah Jabodetabek dapat terjadi lagi pada periode siang hingga sore. 

”Potensi cuaca ini tentunya akan kami update terus setiap hari sesuai dengan kondisi terbarunya,” tambahnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat