visitaaponce.com

Butuh Keteladanan dan Semangat Pembelajar untuk Antisipasi Tantangan di Masa Depan

Butuh Keteladanan dan Semangat Pembelajar untuk Antisipasi Tantangan di Masa Depan
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat(Istimewa )

BANGUN semangat menjadi bangsa pembelajar dan keteladanan dari para tokoh masyarakat agar setiap anak bangsa mampu mengantisipasi peluang dan tantangan di masa depan, demi mewujudkan kemakmuran dan keadilan masyarakat yang lebih merata. 

"Melakukan evaluasi setiap langkah yang kita buat dalam menjawab setiap tantangan dapat menjadi dasar anak bangsa untuk belajar melahirkan langkah yang tepat dalam menyikapi dinamika perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat pada keterangan tertulisnya, Minggu (31/12), dalam rangka menyambut Tahun Baru 2024.

Membangun kebiasaan mengevaluasi diri untuk mengetahui sejumlah kekurangan dan keunggulan yang kita miliki, menurut Lestari, bisa menjadi langkah awal untuk menjadi bangsa pembelajar. 

Baca juga : Konsistensi Pemerataan Pendidikan Harus terus Dilakukan

Dalam proses menjadi pembelajar itu, tegas Rerie, sapaan akrab Lestari, diperlukan daya dorong dari sistem pendidikan yang tepat dan tidak kalah penting harus tetap bersandar pada nilai-nilai luhur yang telah diwarisi para pendahulu bangsa. 

Sehingga, tambah dia, dalam mengevaluasi dan memperbaiki sebuah langkah dapat menghasilkan formula yang tepat untuk menjawab tantangan yang dihadapi. 

Selain menjadi pembelajar, Rerie yang merupakan anggota Komisi X DPR RI itu juga mendorong agar para tokoh bangsa mampu konsisten dalam memberikan keteladanan kepada generasi penerus. 

Baca juga : Pemanfaatan Data dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Nasional Harus Konsisten

Apalagi, ujar dia, pada 2024 yang merupakan tahun politik akan diwarnai suasana kompetisi sesama para tokoh bangsa dalam upaya merebut simpati rakyat agar mendapat mandat untuk menjadi pemimpin, dari mulai pemimpin skala nasional hingga kabupaten dan kota. 

Para tokoh bangsa tersebut, tegas Rerie, harus benar-benar mampu menjadi teladan bagi generasi penerus dalam menjalankan proses berbangsa dan bernegara. 

Dalam berkompetisi pada pesta demokrasi, ujar Rerie, para tokoh bangsa harus mampu mengamalkan nilai-nilai kebangsaan warisan dari pendiri negeri, seperti nilai-nilai persatuan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Baca juga : Penerapan Kurikulum Merdeka secara Nasional Harus Dipersiapkan Matang

Dengan melaksanakan nilai-nilai luhur itu, Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menilai, para tokoh bangsa layak menjadi teladan bagi generasi muda pemegang tongkat estafet pembangunan di masa depan. 

Rerie sangat berharap proses menjadi bangsa pembelajar dapat berjalan dengan konsisten dan mendapat dukungan semua pihak dalam upaya terus membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih demokratis demi mewujudkan kemakmuran dan keadilan sosial yang lebih merata. 

"Selamat menyambut Tahun Baru 2024 semoga harapan menjadi negara yang adil dan makmur dapat segera terwujud dan dirasakan seluruh masyarakat Indonesia," pungkasnya. (RO/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat