visitaaponce.com

Jokowi Ingatkan Investor Harga Tanah di IKN akan Segera Naik

Jokowi Ingatkan Investor Harga Tanah di IKN akan Segera Naik
Presiden Joko Widodo meresmikan Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur(BPMI Setpres)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengatakan langkah berinvestasi di IKN Nusantara ini adalah membeli masa depan. Hal ini diungkapkan presiden saat peresmian Astra Biz Center milik PT Astra Internasional Tbk, dan Botanical Garden.

Alasan membeli masa depan, Jokowi katakan, sebab di masa depan, lokasi IKN menjadi strategis hanya membutuhkan waktu 30-40 menit berkendara dari Bandara Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Saat ini jalan tol dari Balikpapan ke IKN Nusantara belum jadi, sehingga pengunjung dan investor masih harus memakai jalur jalan memutar untuk bisa tiba di IKN.

Baca juga : Indonesia Terus Tawarkan IKN pada Investor Asing

Kalau nanti jalan tol sudah terbangun, dan jalur langsung lurus dari Balikpapan ke IKN membutuhkan waktu tempuh sekitar 30-40 menit.

"Itu bukan airport untuk VVIP, melainkan airport komersial untuk siapa pun. Ini hanya 15 menit dari titik ini. Itu baru Bapak Ibu akan berubah pasti pikiran mengenai Nusantara. Tapi kalau bapak ibu berubahnya nanti tanahnya sudah habis," kata Jokowi mengingatkan investor, Selasa (4/6).

Dia katakan harga tanah di IKN antara Rp400.000 - Rp800.000 per meter, sedangkan harga tanah di Balikpapan per meter sebesar Rp 15 juta. Harga tanah di Jakarta per meter Rp 200.000.

Baca juga : Pemerintah Rem Investasi Asing di IKN, Ada Apa?

"Harga itu saya sampaikan sekarang, besok bisa berubah, tergantung nanti Kepala Otorita. Kalau permintaannya banyak, otomatis harga naik," kata Jokowi.

Dia katakan Emaar Properties dari Dubai, Uni Emirat Arab, tertarik pada IKN setelah diajak ke Nusa Dua, Bali, lalu ke Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) baru kemudian mengunjungi IKN, dan berakhir ke Jakarta bertemu Jokowi.

"Dia sampaikan, tidak ada tempat yang paling indah, seindah (Indonesia). Ini adalah tempat terbaik," kata Jokowi.

Baca juga : OKIN: Presiden Jokowi Mengerem Investor Asing Masuk ke IKN

Kemudian Presiden pun meminta mereka untuk berinvestasi. Jokowi pun katakan mereka telah memberikan komitmen.

"Tapi tidak saya sebut angkanya. Saya belum mau ngomong kalau belum tanda tangan. Tapi gede banget (angka investasi). Tandatangani insya Allah nanti di bulan Juli, di Abu Dhabi atau di Dubai. Artinya setelah itu, mungkin harga tanahnya bisa berubah. Supaya bapak ibu tahu saja," kata Jokowi.

Presiden mengapresiasi apresiasi komitmen PT Astra Internasional Tbk untuk mendukung IKN dengan membangun Astra Biz Center, komplek layanan yang terintegrasi one stop service, di atas lahan seluas 3,4 hektare, yang akan melayani 11 merek perusahaan dari grup Astra. (Try/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat