visitaaponce.com

Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Internasional 3 Januari 2024

Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Internasional 3 Januari 2024
Kesehatan pikiran dan tubuh berpengaruh pada kesehatan seseorang. Berikut cara menjaga kesehatan pikiran dan tubuh.(Freepik)

SETIAP tanggal 3 Januari diperingati sebagai Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Internasional. Peringatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan pikiran dan tubuh.

Peringatan Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Manusia dirancang untuk mengajak masyarakat berkomitmen merawat pikiran dan tubuh mereka sendiri, karena keduanya memiliki hubungan yang erat. 

Dikutip dari National Today, perayaan Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Internasional merupakan peluang untuk merayakan pentingnya kesehatan mental dan emosional yang dapat membawa dampak positif pada kesehatan fisik seseorang.

Baca juga: Setelah Libur Panjang, Saatnya Medical Check Up

Tujuan utama dari peringatan ini adalah memberikan penghargaan kepada semua orang atas pentingnya memberikan prioritas pada kesehatan mental dan fisik mereka. Ini melibatkan pemeliharaan dan perhatian yang baik terhadap aspek-aspek tersebut.

Selain itu, peringatan ini juga mendorong masyarakat untuk mengambil langkah-langkah pencegahan dalam menghindari stres, kecemasan, dan masalah kesehatan terkait lainnya. Hal ini menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan mental dan fisik.

Baca juga: Atasi Stunting, Pemkab Gunungkidul Lakukan Intervensi

Tema Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Internasional berubah setiap tahun. Tahun 2024, tema-tema yang diusung meliputi 

  1. "Pengurangan Stres dan Membangun Ketahanan," 
  2. "Hidup Penuh Perhatian untuk Anda yang Lebih Sehat," 
  3. "Menyeimbangkan Pekerjaan dan Kehidupan," 
  4. "Kesehatan Holistik: Pikiran, Tubuh, dan Jiwa."

Sejarah Terjadinya Peringatan Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Internasional

Dilansir dari situs Days of the Year, konsep 'kesejahteraan pikiran dan tubuh' atau mind-body wellness diperkenalkan Hippocrates sejak zaman ke-4 sebelum Masehi. Hippocrates memperkenalkan peringatan Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Internasional, yang memainkan peran penting dalam memulai eksplorasi lebih lanjut mengenai metode pengobatan yang digunakan di seluruh dunia.

Seiring berjalannya waktu, terjadi kemajuan dalam praktik kesehatan pikiran dan tubuh, terutama dalam beberapa dekade terakhir. Banyak peneliti fokus pada hubungan antara pikiran dan tubuh, mengeksplorasi cara keduanya dapat bekerja bersama secara harmonis untuk mendukung kehidupan yang sehat.

Penting untuk dicatat bahwa pikiran yang sehat dan positif dapat berkontribusi pada kesehatan tubuh, dan sebaliknya, tubuh yang sehat dapat mendukung kesehatan pikiran. Tujuan dari peringatan Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh adalah untuk mendorong individu agar mencapai keseimbangan kesehatan yang lebih baik.

Pada kurun waktu 400 Sebelum Masehi, Hippocrates mengadopsi pendekatan pengobatan alami yang berfokus pada penyembuhan alami. Praktiknya melibatkan penulisan dokumen, kegiatan pengajaran, dan pendirian sekolah kedokteran.

Alur waktu Pembentukan Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Internasional

Pada Abad ke-17

Konsep masalah antara Pikiran dan Tubuh pertama kali ditemukan oleh filsuf terkenal, Descartes. Penghargaan diberikan kepadanya karena menemukan permasalahan fundamental terkait hubungan pikiran dan tubuh.

Tahun 1960-an

Era pengobatan modern dimulai, menyebabkan kontroversi dengan orang-orang yang masih meyakini pada metode pengobatan alami.

Tahun 1970-an

Walaupun telah lama diterapkan dalam praktik kesehatan di negara-negara Timur, konsep mindfulness dan meditasi mulai merambah sebagai bagian dari proses penyembuhan di negara-negara Barat.

Cara memperingati hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Internasional

1. Mengikuti Kelas Yoga

Yoga menyediakan berbagai manfaat yang menggabungkan harmoni antara pikiran dan tubuh. Selain dari gerakan kritis dan latihan peregangan, yoga juga mengintegrasikan latihan pernapasan dalam yang tidak hanya meningkatkan ketenangan pikiran tetapi juga mengurangi tingkat stres.

Manfaat dari menjalani yoga secara rutin mencakup:

Yoga memiliki sejumlah manfaat yang mencakup aspek kesehatan fisik, mental, dan emosional. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari praktik yoga:

  1. Peningkatan Fleksibilitas dan Kekuatan Otot
  2. Peningkatan Keseimbangan dan Koordinasi 
  3. Meningkatkan Kesehatan Pernapasan
  4. Manajemen Stres dan Kesejahteraan Mental
  5. Peningkatan Kesadaran Tubuh
  6. Peningkatan Kualitas Tidur  
  7. Meningkatkan Kesehatan Jantung
  8. Peningkatan Kesejahteraan Emosional   

2. Melakukan Latihan Pernafasan

Melibatkan diri dalam latihan pernapasan yang disengaja dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan pikiran dan tubuh. Latihan pernapasan dalam memungkinkan aliran udara lebih banyak masuk ke dalam tubuh, membantu menenangkan sistem saraf, mengurangi tingkat stres, mengurangi rasa nyeri, dan bahkan meningkatkan fokus.

Berikut adalah ide untuk latihan pernapasan yang sederhana dan dapat dilakukan pada Hari Kesehatan Pikiran-Tubuh Internasional:

A. Pernapasan Kesadaran.

Pilih suara atau kata-kata positif yang menenangkan, ulangi dalam hati sambil menarik dan menghembuskan napas perlahan. Jika pikiran terlalu melayang, arahkan kembali perhatian ke kata atau suara yang dipilih, fokus kembali pada saat sekarang.

B. Pernapasan Perut.

Tempatkan satu tangan di atas dada dan yang lainnya di perut di bawah tulang rusuk, biarkan perut rileks, tarik napas perlahan melalui hidung hingga tangan di perut mulai naik. Hembuskan napas perlahan lewat mulut. Ulangi beberapa menit beberapa kali sehari.

C. Pernapasan Kotak.

Keluarkan napas selama empat hitungan dari mulut. Tahan napas selama empat hitungan kemudia tarik napas kembali selama empat hitungan, ulangi proses ini selama 20 menit. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat