visitaaponce.com

Atasi Stunting, Pemkab Gunungkidul Lakukan Intervensi

Atasi Stunting, Pemkab Gunungkidul Lakukan Intervensi
Ilustrasi. Petugas kesehatan mengecek pertubuhan fisik balita saat kegiatan pelayanan imunisasi di Banda Aceh, Aceh, Rabu (9/8/2023).(ANTARA/IRWANSYAH PUTRA)

PEMERINTAH Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan intervensi untuk mengatasi tengkes (stunting). Intervensi tersebut meliputi bidang kesehatan dan nonkesehatan.

Hal itu disampaikan PLT Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty, Selasa (2/1), di kantonya. Ia memerinci, kegiatan tersebut meliputi pemberian makanan tambahan, pencegahan anemia pada ibu hamil dan bahkan remaja putri, pemberian tablet tambah darah dan aksi gizi pada rmaja serta pelayanan kesehatan dan gizi pada ibu dan anak.

"Kami juga melakukan pengukuran tinggi dan berat badan anak, serta memantau pertumbuhan anak sekaligus mendeteksi  indikasi tengkes pada anak. Akurasi hasil pengukuran ini sangat penting agar penanganan tengkes bisa tepat," jelasnya.

Baca juga: Srikandi PLN EPI Tegaskan Komitmen Tekan Stunting di Gunung Kidul

Sedangkan nonkesehatan, jelasnya, salah satunya adalah upaya mewujudkan rumah yang sehat, perbaikan sanitasi serta sosialisasi kesehatan ibu dan anak.

Menurut Dewi, bersama instansi lainnya, Dinas Ksehatan Gunungkidul juga melakukan pencegahan nikah usia muda. "Keberhasilan pencegahan dan penanganan tengkes, 70 persen dari sektor nonkesehatan," ujarnya.

Baca juga: PLN Energi Primer Indonesia Inisiasi Program Desa Berdaya Energi

Di Gunungkidul pada Semester I 2023 tercatat ada 4.700 kasus stunting atau 15, 79 persen. Kasus tengkes terrendah, katanya ada di Kapanewon Purwosari dengan 43 kasus dan tertinggi di Kapanewon Paliyan dengan 285 kasus.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul optimistis pada 2024 kasus tengkes akan dapat turun menjadi sekurangnya 14 persen. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat