visitaaponce.com

Muncul Lagi di Gunung Kidul, Dinkes Yogyakarta Periksa Puluhan Warga Suspect Antraks

Muncul Lagi di Gunung Kidul, Dinkes Yogyakarta Periksa Puluhan Warga Suspect Antraks
Pasien yang tertular antraks menunjukkan gejala kulit melepuh berbentuk cincin disertai warna gosong di tengah.(Dok. Antara)

KEPALA Dinkes Yogyakarta, Pembajun Setyaningastutie menjelaskan, kasus suspect Antraks kembali muncul di sana, tepatnya di Dusun Kayoman, Kabupaten Gunungkidul dan Dusun Kalinongko, Kabupaten Sleman. Pelacakan pun dilakukan melalui Pemeriksaan Epidemiologis (PE) terhadap 53 orang.

"Pemeriksaan dilakukan pada 8 Maret total 23 orang," kata dia, Rabu (13/3), di Gedung DPRD DIY. Hasil PE, 16 orang tidak bergejala dan 7 orang bergejala.

Pemeriksaan juga dilakukan pada 9 Maret di Puskesmas Gedangsari 2 terhadap 30 orang warga Kayoman. Hasil PE, 20 orang tidak bergejala, 10 orang bergejala.

Baca juga : Tradisi Purak jadi Penyebab Kejadian Antraks di Gunungkidul Berulang

Pembajun menegaskan, pihaknya masih menunggu hasil tes laboratorium. "Kita kasih waktu seminggu lah ya (dari 8 Maret, setelah ambil sampel), mudah-mudahan sudah keluar hasilnya," kata dia.

Terkait kasus KLB, ia menjelaskan, semua itu menjadi kewenangan pemerintah daerah masing-masing. "Sekali lagi bahwa KLB ini kan kewenangannya harus dari daerah (pemerintah kabupaten) setempat dulu, baru nanti provinsi," lanjut dia.

Dia menjelaskan, status KLB bisa dinyatakan KLB manakala kasusnya jauh lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Namun, pihaknya saat ini terus melakukan koordinasi antara provinsi dengan kabupaten kota harus bersama-sama.

"Kita tetap harus minta statement dari kepala daerah (bupati) dulu. Kalau kepala daerah tidak mengatakan itu KLB sulit juga kan," tutup dia.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat