visitaaponce.com

Lama Tidur Tentukan Pertumbuhan Otot

Lama Tidur Tentukan Pertumbuhan Otot
Ilustrasi.(Freepik)

Banyak orang yang belum tahu bahwa otot kita dapat terus bertumbuh. Dan pertumbuhan otot itu salah satu yang memengaruhinya yaitu waktu tidur seseorang dalam semalam. Bahkan dapat dibilang lama tidur kita memengaruhi pertumbuhan otot.

Nah, berapa jam kamu tidur dalam sehari? Otot ialah pakaian termewah dan termahal yang membalut tubuh kita. Kenapa?

Dilansir dari @moonmate, tubuh kita memprioritaskan 'efisiensi'. Jadi jika biayanya sama, peningkatan lemak tubuh lebih mudah dan murah. Namun, tahukah kamu? Lemak subkutan dan otot punya peran yang sama dalam tubuh.

Baca juga : Tips Menjaga Massa dan Kekuatan Otot di Usia 30-an

Peningkatan massa otot akan mengurangi lemak. Dan penurunan massa otot menyebabkan peningkatan lemak. Meskipun begitu, kenapa kita harus fokus membangun otot?

Ada satu studi yang menarik. Suatu sekolah kedokteran di Amerika Serikat (AS) melakukan studi tentang tidur dan diet pada 2010. Studi ini membandingkan sekelompok orang yang tidur selama 8 jam dan 5 jam dalam semalam.

Apa hasilnya? Cukup mengejutkan. Meski pola makan dan asupan kalori mereka sama, partisipan grup yang tidur cuma lima jam semalam mengalami kehilangan massa otot.

Baca juga : Manfaat Berlari Ternyata tidak hanya Sekadar untuk Kardio

Bukan hanya itu. Menurut satu paper ilmu keolahragaan pada 2015, pria yang hanya tidur 5 jam mengalami penurunan kadar testosteron sebanyak 10%-15%. Ini tentu bukan pertanda yang baik.

Ada juga penelitian yang lebih baru. Satu studi pada 2018 yang melibatkan 15 pria muda yang bergadang langsung menunjukkan kemunculan hilangnya massa otot dan diikuti akumulasi lemak. Hal ini tampaknya akibat sistem yang dirancang tubuh atas dorongan efisiensi untuk bekerja dengan lebih sedikit energi. 

Kesimpulannya, lama tidur memengaruhi pertumbuhan otot dan lemak. Tentu kita harus memperkuat otot dan mengurangi lemak. Salah satu caranya yaitu jangan bergadang dan tidur malam lebih lama.

Jadi, sangat penting bagi kita untuk tidur malam setidaknya 6 jam 30 menit. Ingat rumus dasar untuk pertumbuhan otot dan gaya hidup sehat: olahraga, protein, istirahat. Nah, balik lagi ke pertanyaan di awal, "Berapa lama kamu tidur dalam semalam?" (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat