visitaaponce.com

Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Simpul Otot

Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Simpul Otot
Ilustrasi - Simpul otot, juga dikenal sebagai titik pemicu miofasial, sering terjadi karena kelelahan otot akibat olahraga atau postur tubuh(Freepik)

JIKA Anda pernah mendapat pijatan bahu atau menggunakan foam roller, mungkin Anda pernah menemukan beberapa tonjolan kecil yang menyakitkan di otot. Tonjolan itu disebut titik pemicu miofasial, atau simpul otot.

Apa sebenarnya simpul otot? Bagaimana mereka terbentuk? Apakah mereka bisa menyebabkan masalah jangka panjang? Apa cara terbaik untuk menyingkirkan mereka?

Penyebab

Simpul otot cenderung terbentuk ketika otot terbebani, baik melalui olahraga atau postur tubuh yang buruk. Mereka paling sering ditemukan di leher, trapezius atas, dan otot bahu atas, serta punggung bagian tengah, lengan bawah, dan betis.

Baca juga : Mengapa Anda Perlu Melakukan Latihan Luncur Samping: Manfaat, Cara Melakukan, dan Modifikasi

Misalnya, membungkuk di hadapan komputer selama berjam-jam bisa membuat lelah otot leher, bahu, punggung, dan lengan bawah.

"Leher Anda condong menatap layar komputer selama delapan jam," kata Dr Josh Goldman, direktur asosiasi Center for Sports Medicine di UCLA Health. "Itu beban yang cukup agresif pada tubuh."

Ketika otot terlalu banyak bekerja, mereka bisa rusak, menyebabkan titik-titik tertentu memendek atau menegang - dan tetap seperti itu. Beberapa peneliti percaya jaringan di sekitarnya (atau fasia) menebal dan menjadi kurang elastis, menciptakan bola padat. Mereka mengemukakan bahwa ini dapat menyebabkan aliran darah dan cairan berkurang di area tersebut, serta peradangan.

Baca juga : Cara Melebarkan Bahu dengan Olahraga

Kenapa Menyakitkan?

Ilmuwan tidak sepenuhnya yakin mengapa beberapa simpul menyakitkan. Mengapa beberapa hanya sakit saat ditekan, sementara yang lain terasa sakit sepanjang waktu, kata Christopher DaPrato, seorang fisioterapis di University of California, San Francisco, yang mempelajari nyeri kronis pada atlet.

Ketika mereka menyebabkan rasa sakit, beberapa peneliti mencurigai itu mungkin karena seberapa rapatnya serat otot, fasia, dan saraf. "Tubuh menyukai ruang, dan ketika Anda memiliki simpul ini, maka Anda memiliki ruang lokal yang lebih sedikit," kata Dr DaPrato.

Kebanyakan ahli tidak berpikir simpul otot menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada tubuh Anda, tetapi mereka dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk bergerak dengan nyaman dan berkontribusi pada nyeri kronis.

Baca juga : Kunci Kesehatan Tulang, Sendi, Otot untuk Cegah Osteoporosis

Cara menghilangkan

Banyak simpul akan hilang dengan sendirinya setelah 1-2 minggu. Tetapi ada beberapa perawatan dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.

1. Pemanasan dan kompres es

Studi menyarankan baik panas maupun es dapat membantu mengurangi nyeri simpul otot. "Meskipun mereka tidak akan menghilangkan simpul itu sendiri, pemanasan atau kompres es hampir selalu berguna untuk perbaikan simtomatik," kata Dr Lynn Gerber, seorang profesor emerita di George Mason University.

2. Peregangan

Peregangan juga tidak akan menghilangkan simpul, tetapi dapat membantu mengurangi rasa sakit, sebagian dengan meningkatkan cairan di jaringan di sekitarnya, yang memungkinkan semua hal untuk "meluncur dan menggelinding" lebih mudah, kata Dr DaPrato.

Baca juga : WFH? Jangan Lupa Berolahraga Meski Ringan

Para ahli merekomendasikan peregangan setelah olahraga, ketika otot Anda sudah terhangat, atau sebelum tidur.

3. Pijat

Pijat dapat membantu mengurangi rasa sakit simpul otot, serta mengendurkan kontraksi yang menyebabkan simpul. "Ketika seorang terapis menekan jaringan di sekitar simpul, itu membatasi aliran darah ke area tersebut," kata Zachary Gillen, seorang asisten profesor fisiologi olahraga di Mississippi State University. 

Pijatan diri dengan bola lacrosse atau foam roller dapat memiliki efek serupa. Untuk simpul yang memengaruhi kualitas hidup Anda, seorang fisioterapis dapat melakukan pijatan terarah dan juga membimbing Anda melalui latihan strategis.

4. Akupuntur

Akupuntur, sering dilakukan seorang fisioterapis atau ahli akupunktur, menjadi salah satu pengobatan yang paling efektif dalam jangka panjang untuk simpul otot, kata Dr Gerber. Proses ini melibatkan memasukkan jarum halus langsung ke dalam simpul, dan mengeluarkan jarum setelah beberapa menit. 

Para ahli mengemukakan pengobatan ini mungkin efektif karena menyebabkan mikrocedera pada otot, yang memicu respons penyembuhan saat darah mengalir masuk. Ini juga bisa berhasil dengan menciptakan lubang kecil di simpul, kata Dr DaPrato. "Ketika Anda memisahkan serat otot yang terlalu terkompresi," katanya, "Anda sekarang membuat sedikit ruang."

Jika semua upaya gagal, Dr Goldman menyarankan menyuntikkan obat penghilang rasa sakit seperti kortikosteroid atau agen pemati rasa ke dalam simpul. Ini biasanya dilakukan di kantor dokter. (New York Times/CNA/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat