visitaaponce.com

Simak, Ini Dia 10 Manfaat dan Cara Mengolah Daun Katuk

Simak, Ini Dia 10 Manfaat dan Cara Mengolah Daun Katuk
Manfaat daun katuk bagi tubuh(Ist)

PERNAHKAH kalian melihat daun katuk? Daun katuk memang memiliki ciri khas dengan bentuk lonjong atau lanset, ditandai oleh ujung yang meruncing. Kecantikan daun katuk tidak hanya terletak pada bentuknya yang elegan, tetapi juga pada warna yang bervariasi mulai dari hijau muda hingga hijau tua, mencerminkan usia dan kondisi tanaman yang sehat.

Namun, keunikan daun katuk tidak hanya berhenti pada penampilannya yang menarik. Daun ini ternyata juga menyimpan sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan. Kandungan gizinya yang kaya, seperti protein, vitamin C, lemak, karbohidrat, dan serat, menjadikan daun katuk pilihan yang baik untuk diperhitungkan dalam pola makan sehari-hari.

Kandungan Daun Katuk

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, dengan berat dapat dimakan (BDD) 40 %, kandungan gizi daun katuk per 100 g, adalah sebagai berikut:

Baca juga: Tahukah Kamu Apa Itu Buah Lontar? Ini Dia 10 Manfaatnya untuk Tubuh

- Protein: 6.4 g
- Vitamin C: 164 mg
- Lemak: 1.0 g
- Karbohidrat: 9.9 g
- Serat: 1.5 g
- Beta-Karoten: 9,152 mcg
- Karoten Total: 10,020 mcg
- Thiamin (Vit. B1): 0.00 mg
- Riboflavin (Vit. B2): 0.31 mg
- Niasin: 2.3 mg
- Abu: 1.7 g
- Air: 81.0 g
- Energi: 59 Kal
- Kalsium: 233 mg
- Fosfor: 98 mg
- Besi: 3.5 mg
- Tembaga: 0.30 mg
- Seng: 1.3 mg
- Natrium (Na): 21 mg
- Kalium (K): 478.8 mg

Manfaat Daun Katuk

Dikutip dari sumber Dr. Health Benefits, daun katuk memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan, seperti yang berikut:

Baca juga: Simak 6 Manfaat Vitamin H Bagi Tubuh, Dari Mana Sajakah Sumbernya?

1. Manfaat untuk Ibu Hamil

Daun katuk bermanfaat bagi ibu hamil karena mengandung senyawa kimia fitokimia yang memiliki sifat obat. Senyawa tersebut dapat merangsang pertumbuhan hormon steroid (progesteron, testosteron, estradiol, dan glukokortikoid) serta eicosanoid, yang dapat bermanfaat bagi wanita hamil.

2. Meningkatkan Produksi ASI

Kandungan sterol dalam daun katuk, yang memiliki sifat estrogen, dapat memicu produksi ASI, memberikan efek hormonal yang positif bagi ibu yang sedang menyusui.

3. Meningkatkan Hormon

Bagi pasangan yang menginginkan keturunan, mengonsumsi daun katuk secara teratur dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma pada pria, mendukung kesuburan.

4. Merawat Kulit saat Masa Kehamilan

Konsumsi daun katuk selama kehamilan juga dianggap baik untuk kesehatan kulit, membuatnya lebih halus dan membantu menjaga penampilan ibu hamil.

5. Membantu Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium dalam daun katuk dapat membantu mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan tulang dan mencegah kerapuhan tulang.

6. Mengobati Influenza

Daun katuk mengandung efedrin yang dapat membantu mengobati influenza, menyediakan bantuan untuk penderita infeksi saluran pernapasan.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun katuk bermanfaat bagi sistem imun karena mengandung vitamin C, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Zat klorofil yang tinggi juga dapat membantu menghilangkan bakteri, virus, dan parasit pada jaringan tubuh.

8. Antioksidan

Kandungan antioksidan tinggi dalam daun katuk dapat membantu memperbaiki kerusakan sel-sel dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

9. Mengobati Luka

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun katuk dapat membantu mengobati luka pada kulit dengan meningkatkan kontraksi luka dan berperan sebagai anti peradangan.

10. Mencegah Diabetes

Mengonsumsi daun katuk dapat membantu mencegah diabetes dengan me
/ningkatkan kadar kalsium, yang dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, yang berkaitan dengan penyakit diabetes.

Cara Mengolah Daun Katuk

Mengonsumsi daun katuk secara mentah tidak disarankan, sehingga lebih baik untuk mengolahnya sebelum dikonsumsi. Pastikan daun katuk matang sebelum dikonsumsi untuk menjaga keamanan.

Seperti sayuran lainnya, daun katuk dapat dijadikan bahan sop. Selain itu, cara lain untuk mengolah daun katuk adalah dengan merebusnya untuk membuat teh. Membuat teh dari daun katuk merupakan metode pengolahan yang sederhana.

Pemanasan daun katuk melalui proses rebusan dapat merusak sifat anti-protozoa, sehingga racun-racun yang mungkin terdapat dalam daun katuk dapat berkurang atau bahkan hilang sepenuhnya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat teh daun katuk:
1. Pilih daun katuk yang segar.
2. Cuci bersih daun katuk.
3. Rebus dengan menggunakan 250 ml air.
4. Tunggu hingga air mendidih.
5. Setelah mendidih, tuangkan ke dalam gelas.
6. Tambahkan madu atau lemon untuk meningkatkan rasa.
7. Teh daun katuk siap diminum.

Dengan cara ini, kamu dapat menikmati manfaat daun katuk dengan cara yang lezat dan aman. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat