visitaaponce.com

Calon Jemaah Haji Diharapkan Lakukan Tes Kesehatan Mandiri

Calon Jemaah Haji Diharapkan Lakukan Tes Kesehatan Mandiri
Ilustrasi keberangkatan jemaah haji(Mi)

WAKIL Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily meminta Calon Jemaah Haji 2024 untuk mandiri melaksanakan tes kesehatan atau medical check-up (MCU) yang dapat dimulai segera dimulai di layanan kesehatan, termasuk di Puskesmas yang disediakan oleh pemerintah daerah.

Dengan begitu calon jemaah haji bisa mengetahui kondisi tubuh agar perlu latihan fisik rutin sebelum keberangkatan. Kemudian bisa melakukan konsultasi dengan dokter apabila ternyata ada penyakit yang tidak diketahui sebelumnya.

Ace mengatakan, tes kesehatan menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan asas kemampuan (istitha’ah) kesehatan agar ibadah haji tahun 2024 berjalan lancar. MCU dilakukan untuk menekan potensi kematian calon jemaah haji Tanah Air saat melaksanakan ibadah.

Baca juga : Kemenag: 4.438 Jemaah sudah Lunasi Biaya Perjalanan Haji

“Sebelum pelunasan BIPIH kita minta kepada setiap calon jemaah haji untuk dapat melakukan tes kesehatan,” kata Ace, Sabtu (20/1).

Baca juga : Menag Dorong Produk Halal Indonesia Masuk Pasar Haji Dunia

Politisi Golkar intu mengatakan, selama 22 hari kerja dari tanggal 22 Januari 2024, calon jemaah haji dapat melakukan pelunasan biaya tahap pertama setelah dinyatakan sehat. Kemudian pelunasan tanggal kedua selama 14 hari kerja dimulai dari tanggal 8 maret.

“Mudah-mudahan calon jemaah tidak terbebani dengan biaya penyelenggara haji yang sudah kita tetapkan bersama dengan pemerintah," pungkasnya.

Pemberangkatan gelombang pertama jemaah haji 1445 H/2024 M dimulai pada Minggu, 12-23 Mei 2024, dari Indonesia ke Arab Saudi. Sementara gelombang kedua dijadwalkan pada 21 Mei - 1 Juni 2024. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat