visitaaponce.com

BNN Dilibatkan dalam Pemeriksaan Kesehatan Capres-Cawapres

BNN Dilibatkan dalam Pemeriksaan Kesehatan Capres-Cawapres
Pasangan bacapres Anies Baswedan dan Bacawapres Muhaimin Iskandar menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU(AFP/Aditya Aji )

ANGGOTA Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik mengatakan pihaknya juga melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). BNN akan fokus memeriksa tes bebas narkoba dari para calon.

"Pemeriksaan bebas narkoba yang diselenggarakan oleh BNN juga ditempatkan di (RSPAD) Gatot Subroto," ujar Idham saat dikonfirmasi, Jumat (20/10).

RSPAD bakal menjadi lokasi pusat pemeriksaan kesehatan capres-cawapres peserta Pilpres 2024. Selain tes bebas narkoba, para calon juga bakal diperiksa kesehatan jasmani dan rohaninya.

Baca juga : KPU Sebut Capres-Cawapres tak Lolos Tes Kesehatan Harus Diganti

Adapun pasangan capres-cawapres pertama yang bakal dites kesehatannya adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Sabtu (21/10). Mereka juga pasangan pertama yang mendaftarkan diri ke Kantor KPU RI pada Kamis (19/10).

"Bakal pasangan calon presiden-wakil presiden tersebut, itu wajib puasa ya, puasa, tidak makan, minimal selama 8 jam sebelum pemeriksaan dimulai," terang Idham.

Diketahui, Anies-Muhaimin yang dikenal dengan akronim Amin diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang terdiri dari Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sementara itu, pasangan yang diusung poros PDI Perjuangan, Prabowo Subianto-Mahfud MD bakal menjalani pemeriksaan kesehatan pada Minggu (22/10). Adapun pemeriksaan kesehatan untuk Prabowo Subianto belum dijadwalkan karena yang bersangkutan belum memiliki pasangan cawapres dan mendaftarkan diri sebagai capres ke Kantor KPU RI. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat