visitaaponce.com

St Johannes Berchmans Integrasikan Akademis dan Pendidikan Karakter

St Johannes Berchmans Integrasikan Akademis dan Pendidikan Karakter
St Johannes Berchmans berkomitmen mengkombinasikan keunggulan akademis, keberagaman bahasa dan pendidikan inovatif, pada pembelajaran.(Ist)

ST Johannes Berchmans, sekolah Katolik pertama dan terbesar di kawasan PIK 2, Tangerang, berkomitmen mengkombinasikan keunggulan akademis, keberagaman bahasa dan pendidikan inovatif, pada proses pembelajaran.

"Ini penting untuk membekali siswa agar siap menghadapi masyarakat global," ungkap Secondary Principal Stefanus St Johannes Berchmans Eka Tommy Maryono dalam keterangannya, Sabtu (27/1).

Baca juga: Perkuat Pendidikan Karakter Anak Muda untuk Menuju Indonesia Emas 2045

Ia menjelaskan dari sisi akademis, pihaknya mengintegrasikan kurikulum Merdeka dengan kurikulum Cambridge, yang didukung pendekatan project based learning sebagai ciri khas pendidikan di St Johannes Berchmans.

"Kami tidak hanya menekankan pengetahuan akedemis tapi juga mendorong pemikiran kritis, kreativitas, dan pengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dipelajari di sekolah," terangnya.

Dari sisi keberagaman bahasa, lanjut Stefanus, pihaknya menggunakan bahan ajar bahasa Inggris, bahasa Mandarin, dan bahasa Indonesia agar peserta didik siap berkompetisi di tengah era globalisasi.

Adapun untuk pendidikan inovatif, St Johannes Berchmans menyediakan fasilitas seperti perpustakaan, laboratorium komputer, bahasa, dan sains untuk memperkaya pengalaman belajar peserta didik.

"Juga ada fasilitas olahraga seperti kolam renang, lapangan sepakbola, lapangan basket, lapangan tenis dan area kano, yang memberikan siswa pengalaman belajar dan berkembang dalam suasana mendukung."

"Bagi siswa yang terarik seni budaya, kami menyediakan ruang teater dan musik sebagai tempat mengeksplorasi bakat mereka," tutup Stefanus.

Baca juga: Penguatan Pendidikan Karakter Anak Penting Membangun Moral

Primary Principal St Johannes Berchmans Citra Merisa menambahkan filosofi JBS yakni joyful, benevolent, and sincere, menjadi landasan dalam menciptakan lingkungan belajar positif dan suportif.

Selain pendidikan, pengembangan karakter jadi fokus utama St Johannes Berchmans yakni menanamkan nilai esensial seperti komitmen, integritas, kompetensi, dan hati nurani dalam setiap siswa.

"Kami berusaha memberikan pendidikan komprehensif, menyatukan nilai-nilai agama dan pengembangan kepribadian serta karakter bagi setiap siswa."

"Tujuan kami adalah membentuk individu yang tidak hanya memiliki dasar akademis kuat, tapi juga memiliki moral dan etika kokoh guna menghadapi tantangan dunia modern," pungkas Citra.

Didirikan di atas luas tanah mencapai 2,7 hektare, sekolah St Johannes Berchmans menawarkan program pendidikan mulai dari Early Years (KB & TK), Primary (SD), Secondary (SMP) hingga Junior College (SMA).

Pada tahun ajaran 2023/2024, sekolah ini menerima total sekitar 200 siswa, sedangkan untuk masa pendaftaran tahun ajaran 2024/2025 sudah terdaftar sekitar 450 siswa baru. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat