visitaaponce.com

Ini Empat Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Anak Sakit

Ini Empat Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Anak Sakit
Ilustrasi(Freepik)

DOKTER spesialis anak dari Universitas Indonesia Dimple Nagrani mengungkapkan empat hal yang harus orangtua perhatiakan saat anak sakit yaitu makan, minum, tidur, dan aktivitas. Jika salah satu dari empat hal itu terganggu, anak harus segera dibawa ke rumah sakit.

"Kalau salah satunya terganggu. Misalnya, makan tidak mau, minum menolak, tidak bisa tidur karena senak nafas, dan lemas, orangtua tidak bisa hanya membantu dengan pijat di rumah atau minum obat-obatan herbal," ujar Dimple, dikutip Jumat (2/2).

Dimple mengatakan, meski begitu, orangtua tidak perlu panik saat anak mereka sakit.

Baca juga : Anak Anda Demam? Beri Minum Sesering Mungkin

Dokter spesialis anak itu mengatakan anak yang sakit bisa dianggap sedang 'berkenalan' dengan kuman dan daya tahan tubuhnya mulai menurun. Hal itu disebabkan karena anak telah lepas dari ASI serta makanan yang dikonsumsi anak.

Dimple melanjutkan, umumnya, anak akan sering sakit di usia 1 hingga 4 tahun. Yang perlu orangtua perhatikan saat anak sakit adalah memastikan anak tidak sesak nafas dan tidak dehidrasi.

"Jadi, orangtua harus memahami bahwa anak sakit itu normal. Yang perlu dipastikan adalah saat sakit, anak tidak sampai sesak atau dehidrasi. Karena, jika anak dehidrasi, dua bisa mengalami penurunan kesadaran," papar Dimple.

Baca juga : Imunisasi Anak, Tanda Sayang Orang Tua yang Peduli

Untuk mengobati anak yang sakit, Dimple mengungkapkan ada banyak cara. Cara yang paling sederhana adalah melakukan skin to skin atau bersentuhan dengan anak.

Anak sakit yang bersentuhan dengan ibu atau ayahnya akan mengeluarkan hormon oksitosin atau hormon cinta yang menenangkan dan memicu kesembuhan.

Selain itu, orangtua juga bisa memberikan pijatan atau obat herbal yang aman dikonsumsi anak seperti jahe, kunyit, kamomil, eucalyptus, dan lavender.

Baca juga : Asam Lambung Naik saat Tidur Malam, Ini Saran Dokter UI

"Kalau mencari produk kesehatan untuk anak harus membaca apakah produk itu anak untuk anak, kecuali itu merupakan resep dokter," kata Dimple. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat