visitaaponce.com

Archipelago International Gelar Penghargaan Archipelago Influencer Award 2024

Archipelago International Gelar Penghargaan Archipelago Influencer Award 2024
( ARCHIPELAGO INTL)

Pemenang Archipelago Influencer Awards 2023

ARCHIPELAGO International sebagai operator hotel terkemuka di Asia Tenggara dengan bangga menggelar kompetisi bergengsi 'Archipelago Influencer Awards' untuk pertama kalinya bersama hotel-hotel di bawah naungan Archipelago International yang berkolaborasi dengan Citilink. 

Program ini dimulai sejak Oktober 2023 hingga Februari 2024. Acara ini bertujuan untuk memberikan apresiasi pada influencer terbaik di seluruh Indonesia dalam mengasah kreativitas dan kemampuan mereka. Dengan menjalin kerja sama bersama maskapai Citilink sebagai mitra, inisiatif ini mencerminkan komitmen Archipelago International untuk menciptakan kolaborasi dengan para influencer untuk mempromosikan sektor pariwisata dan perhotelan.

Baca juga : PHI Sabet 2 Penghargaan di Gala Award Asia-Indonesia 2023

"Kami sangat senang bisa menyelenggarakan program bergengsi untuk pertama kalinya, 'Archipelago Influencer Awards 2023'. Program ini sejalan dengan komitmen kami terhadap inovasi dan keterlibatan masyarakat, memanfaatkan kekuatan pengaruh media sosial untuk mempromosikan merek kami dan berkontribusi pada pertumbuhan pariwisata dan perhotelan di Indonesia," ujar CEO Archipelago International John Flood.

Program Archipelago Influencer Awards 2023 dirancang dengan beberapa tujuan utama. Pertama, untuk memperkuat kerja sama strategis antara Archipelago International dan Citilink, memperluas kesadaran merek dan jangkauan dari Citilink & Hotel di bawah naungan Archipelago International yang tersebar di Indonesia dari Sumatra hingga Papua. 

Melalui strategi pemasaran yang inovatif dan efektif. Program ini ditujukan untuk pengembangan dan pelaksanaan aktivasi social media bersama para influencer, yang dilaksanakan sejak 2023 hingga 2024, dengan bertujuan untuk mendorong kerja sama dalam mempromosikan pariwisata dan perhotelan di berbagai kepulauan Indonesia. Selain itu, inisiatif ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada Influencer Media Sosial di Instagram, sebagai promotor sekaligus platform untuk memberdayakan generasi muda dan mengundang mereka untuk secara aktif membantu mempromosikan pariwisata di Indonesia

Baca juga : Dukung Keberlanjutan, Paradise Indonesia Bidik 20% Kenaikan Pendapatan di 2024

Program komprehensif ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan profil dari para influencer, tetapi juga untuk menginspirasi generasi muda untuk bisa lebih kreatif dalam membuat konten yang bermanfaat untuk industri pariwisata.

Nominasi Influencer

Archipelago Influencer Awards 2023 dimulai dengan proses pemilihan Nano & Micro Influencers terbaik yang berasal dari tujuh kepulauan di Indonesia: Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, hingga Papua.

Baca juga : Jeff Bezos Bangga Sang Tunangan Mendapat Penghargaan Living Legends of Aviation

Tahapan Seleksi Archipelago Influencer Award:

1. Seleksi Influencer (1 - 31 Oktober 2023)

Lebih dari 100 influencer dari seluruh Indonesia berpartisipasi dalam Archipelago Influencer Awards 2023. Dari setiap pulau, hanya influencer terbaik yang dinominasikan untuk acara bergengsi ini. Influencer yang berpartisipasi, datang dari berbagai kategori, termasuk Hotel Reviewers, Food Bloggers, dan penggemar Destinasi Wisata.

Baca juga : Berkat Inovasinya, SiteMinder Raih Penghargaan HotelTechAwards 2024

Pada proses seleksi ini, para Influencer diminta untuk mengisi data diri dan mengirimkan karya video terbaik yang diunggah di dalam google form. Seluruh video yang diunggah oleh Influencer, akan dinilai oleh pihak Archipelago International dan Citilink. Dari ratusan influencer akan dipilih 7 terbaik untuk mendapatkan kesempatan mengikuti program inkubasi (fly, stay and slay). Beberapa faktor yang mempengaruhi seleksi ini adalah, kualitas konten dan relevansi konten dengan tema. 

2. Program Inkubasi (Fly, Stay, Slay) dan Nominasi 7 Besar (1 Desember 2023 - 15 Januari 2024)

Tujuh nominasi terbaik mendapat kesempatan untuk memulai perjalanan eksklusif yaitu program inkubasi (fly, stay and slay) bersama Archipelago International dan Citilink. Tujuh nominasi teratas yang terpilih adalah sebagai berikut:
1.@darlismuhan  - Emni Darlis
2.@timurasyari - Timur Asyari 
3.@adhetora - Adhe Tora
4.@Marzcheese - Umar Imanuddin
5.@mardiaheyyy - Mardiah
6.@Jalanbarengarief - Arief Firmansyah
7.@Agnesyi - Agnes Indra

Baca juga : Mengungkap Kenikmatan Kopi dan Petualangan di MesaStila Resort and Spa

Sebagai 7 nominasi terbaik, para influencer tersebut mendapatkan kesempatan untuk terbang ke destinasi pilihan sesuai dengan rute Citilink dan menginap di hotel di bawah naungan Archipelago International yang ada di seluruh Indonesia seperti Hotel NEO Eltari Kupang, ASTON Palembang Hotel & Convention Center, Quest Hotel Balikpapan, ASTON Canggu Beach Resort, Harper MT Haryono, favehotel Pantai Losari Makassar, dan The Alana Hotel Malang. Ketujuh influencer terbaik ini juga mendapatkan kesempatan menikmati hidangan F&B gratis di hotel. 

Influencer pada Program Inkubasi Fly, Stay & Slay, Archipelago Influencers Awards 2023

3. Proses Penilaian (16 - 31 Januari 2024)

Baca juga : Tingkat Okupansi Hotel di Maluku Utara Capai 30,02 persen

Sebagai 7 nominasi terbaik, para influencer selama program inkubasi fly, stay & slay membuat reels konten mengenai pengalaman selama menginap di hotel di bawah naungan Archipelago International, destinasi wisata di sekitar hotel, pengalaman mencicipi hidangan lezat dari setiap hotel serta pengalaman perjalanan dengan maskapai Citilink. Para juri menilai konten tersebut berdasarkan beberapa kriteria seperti kualitas konten, engagement rate para influencers dan relevansi dengan tema. Juri dari kompetisi ini terdiri dari perwakilan dari Archipelago International dan Citilink.

4. Malam Penganugerahan (6 Februari 2024)

Upacara penghargaan berlangsung di ASTON Serang pada 6 Februari 2024. Sebagai pemenang, para influencer juga diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman dan testimonial mengenai program Archipelago Influencer Award ini bersamaan dengan acara Commercial Summit yang diadakan di ASTON Serang pada 7 Februari 2024 di hadapan Marcom & PR Hotel di bawah Archipelago International.

Baca juga : Topotels Jalin Kerja Sama dengan Tujuh Hotel di Asia Tenggara


Sharing Session oleh Pemenang Archipelago Influencer Awards 2023 bersama Partipost Group

Pemenang Archipelago Influencer Awards 2023 terdiri dari:
@AgnesYi sebagai Influencer Terbaik dalam Destinasi Wisata
@JalanBarengArief sebagai Influencer Terbaik dalam Tur Hotel
@TimurAsyari sebagai Influencer Terbaik dalam dalam Pengalaman F&B.

Setiap pemenang berhak mendapatkan Voucher Hotel senilai Rp2.000.000 dari Archipelago International, Tiket Pulang-Pergi yang disponsori oleh Citilink, serta Trophy dari Archipelago International. (RO/S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat