visitaaponce.com

Kemenkes-AstraZeneca Imbau Masyarakat Skrining Kanker Sejak Dini

Kemenkes-AstraZeneca Imbau Masyarakat Skrining Kanker Sejak Dini
Kemenkes bersama AstraZeneca Indonesia dan sejumlah yayasan menggelar acara 5K Amazing Run: Ambil Kendali dan Lakukan Skrining Kanker.(AstraZeneca Indonesia)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan AstraZeneca Indonesia mengimbau masyarakat untuk rutin melakukan skrining kanker sedari dini.

Imbauan itu disampaikan pada acara publik bertajuk 5K Amazing Run: Ambil Kendali dan Lakukan Skrining Kanker, yang didukung Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Cancer Information Support Center (CISC), Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), dan LovePink, di Jakarta, Minggu (25/2).

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu menyatakan kanker menjadi salah satu masalah kesehatan tertinggi di dunia.

Baca juga : Waspadai Penyakit Kanker yang Terus Ada

"Trennya terus meningkat sejak 2008, dan diperkirakan pada 2040 akan ada 29,5 juta kasus baru dan 16,3 juta kematian akibat kanker,” ujarnya.

Di Indonesia, kata dia, sebagian besar pasien baru mencari pertolongan medis saat kanker sudah mencapai stadium lanjut. "Akibatnya, 90% penderita kanker tidak mendapatkan pengobatan optimal yang kemudian dapat berujung pada kematian," kata Maxi.

Menurut Maxi, saat ini pemerintah semakin meningkatkan upaya dalam program skrining kanker. “Di antaranya melakukan berbagai perbaikan dalam program skrining kanker. Siapa pun dapat pergi ke Puskesmas dan menjalani pemeriksaan kanker paru-paru, selain kanker payudara dan serviks."

Baca juga : 70% Pasien Kanker Payudara Terdeteksi di Stadium Akhir

Sebagai bagian kepemimpinan dan komitmen perusahaan dalam bermitra dengan Kemenkes untuk memperkuat ekosistem layanan kesehatan dan mengatasi kesenjangan dalam perawatan kanker, AstraZeneca menyadari skrining kanker berperan penting dalam memberikan hasil terbaik bagi pasien serta mengurangi angka kematian.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes Eva Susanti menambahkan pemerintah bersama AstraZeneca dan organisasi serta elemen peduli terhadap kanker mengajak masyarakat memiliki kesadaran mendeteksi kanker lebih dini.

"Tahun ini targetnya 90% masyarakat Indonesia melakukan skrining atas penyakit kanker. Sebagai contoh, untuk kanker paru-paru target skriningnya adalah 12 juta orang melakukan deteksi dini,” ujar Eva.

Baca juga : Cegah Kanker Payudara, Pemerintah akan Penuhi Kebutuhan Mammogram

Presiden Direktur Interim AstraZeneca Indonesia Saj Molaee menyatakan pihaknya sangat berkomitmen memajukan kesetaraan kesehatan dalam pelayanan kesehatan, khususnya dalam perawatan kanker.

"Kami memiliki visi untuk mendefinisikan kembali perawatan kanker dan, suatu hari nanti, menghilangkan kanker sebagai penyebab kematian.”

“Kami sangat mengapresiasi kemitraan Kemenkes dan organisasi pasien yang menunjukkan pentingnya kemitraan pemerintah-swasta dalam mencari solusi bersama untuk mengatasi kesenjangan dan kebutuhan yang belum terpenuhi dalam akses terhadap skrining, diagnosis, dan pengobatan inovatif,” tambah Saj.

Baca juga :  70% Pasien Kanker Payudara Datang pada Stadium Lanjut

Sebagai perusahaan biofarmasi global yang berdedikasi untuk memajukan penelitian dan inovasi onkologi, AstraZeneca memimpin revolusi dalam onkologi dengan ambisi menyediakan obat untuk kanker dalam segala bentuk.

Ini mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan segala kompleksitasnya dalam memahami kanker guna menemukan, mengembangkan, dan memberikan kehidupan kepada pasien melalui pengobatan yang dapat mengubah hidup mereka.

Menurut Saj, fokus perusahaan terletak pada beberapa penyakit kanker yang paling dengan kondisi paling menantang.
“Melalui inovasi yang gigih, AstraZeneca membangun salah satu portofolio dan daftar inovasi yang paling beragam di industri, dengan potensi mendorong perubahan dalam praktik kedokteran dan mengubah pengalaman pasien dalam melawan kanker,” tutup Saj.

Baca juga : 70 Persen Pasien Kanker Payudara Datang saat Sudah Stadium Lanjut 

Pada kesempatan itu, AstraZeneca bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia meluncurkan Anita, program navigator pasien yang dirancang untuk mendampingi dan membimbing pasien dalam perjalanan layanan kesehatannya.

“Anita adalah program baru untuk membantu menavigasi dan mendampingi pasien dalam proses pendaftaran program pengujian diagnostik berdasarkan permintaan dokter, serta membantu pasien untuk melakukan konsultasi lanjutan dengan dokternya setelah hasil tes diagnostik tersedia,” jelas Head of Corporate Affairs AstraZeneca Indonesia Hoerry Satrio.

“Bersama Anita, kami setia pada misi kami untuk memberikan kesehatan bagi pasien dan melahirkan inovasi untuk Indonesia, termasuk membantu pasien mengakses program bantuan pasien yang sesuai berdasarkan pengobatan dari dokter mereka dengan landasan perkembangan ilmiah terkini,” tutup Hoerry. (S-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat