visitaaponce.com

Kepala BMKG Dwikorita Puting Beliung Diperkirakan Masih Terjadi Maret-April

Kepala BMKG Dwikorita: Puting Beliung Diperkirakan Masih Terjadi Maret-April
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan angin kencang masih akan terjadi selama Maret-April.(Pemkab Bandung)

KEPALA Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem. Angin kencang seperti puting beliung, imbuhnya, diperkirakan masih akan terjadi karena pembentukan awan hujan hampir merata di seluruh Indonesia, kecuali wilayah Nusa Tenggara.

"Kemungkinan puting beliung ini masih akan terjadi selama Maret-April lah. (Musim) pancaroba," ujar Dwikorita seusai menghadiri rapat tertutup membahas mengenai Water World Forum di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/2).

Seperti diberitakan, angin puting beliung terjadi di wilayah Rancaekek Kabupaten Bandung dan wilayah Jatinangor Sumedang, Rabu (21/2). Angin puting beliung, menurut Kepala BMKG dipicu karena awan Cumulonimbus (Cb) yang biasa tumbuh selama periode musim hujan.

Baca juga : BMKG: Waspadai Ancaman Angin Puting Beliung hingga Akhir Februari

"Karena awan-awan merata bisa saja berbagai wilayah di Indonesia. Artinya perlu waspada sehingga kalau kita lihat awannya sudah gelap paling tidak kita mencari perlindungan," paparnya.

Apabila masyarakat melihat gejala bencana puting beliung akan terjadi, Dwikorita menyarankan berlindung di tempat aman yakni bangunan yang kokoh. Bukan di bawah pohon sebab rawan terkena sambaran petir.

Puting beliung, sambungnya, dapat berubah menjadi tornado. Hal itu yang mesti diwaspadai.

Baca juga : Gelombang Perairan Selatan Kalimantan Capai Empat Meter

"Jadi itu yang harus diwaspadai angin kencang ya tidak harus memutar tapi angin kencang pun bisa terjadi," imbuhnya.

Menurut Kepala BMKG, fenomena yang terjadi di Bandung bisa disebut mini puting beliung sebab hanya berdurasi sekitar 4 hingga 5 menit. Tetapi ia mengingatkan, angin puting beliung yang semakin kuat bisa menjadi tornado dengan kecepatan lebih tinggi dan waktu yang lebih lama. 

Dwikorita menjelaskan tornado kecepatan rata-ratanya belum mencapai 100 kilometer(km) per jam. Sedangkan puting beliung hanya terjadi di Bandung, kecepatan rata-ratanya 65km/ jam.

" Kalau tornado itu kecepatan minimum 100km/jam namun tidak menutup kemungkinan bisa meningkat. Alhamdulilah kemarin bisa berhenti cuma 4 menit," terangnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat