visitaaponce.com

Gelombang Perairan Selatan Kalimantan Capai Empat Meter

Gelombang Perairan Selatan Kalimantan Capai Empat Meter
Ilustrasi - Berdasarkan data BMKG tinggi gelombang di perairan Kotabaru dan selatan Kalimantan mencapai 2,5 meter hingga 4 meter. (Antara)

CUACA buruk melanda kawasan perairan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Selatan Kalimantan atau laut Jawa dalam beberapa hari terakhir. Tinggi gelombang di perairan Kotabaru, Kalsel dan selatan Kalimantan mencapai 2,5 meter hingga 4 meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, R Suria Fadliansyah, dalam laporannya Selasa (6/2), menyebut berdasarkan data BMKG tinggi gelombang di perairan Kotabaru dan selatan Kalimantan mencapai 2,5 meter hingga 4 meter. Kondisi ini berbahaya bagi pelayaran kapal-kapal nelayan, kapal ferry, tongkang, maupun kapal berukuran besar.

Di wilayah daratan cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang juga masih terus melanda sebagian wilayah Kalsel. Saat ini wilayah rawa Kalsel seperti di Paminggir, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Nagara di Hulu Sungai Selatan masih dalam.

Baca juga :  BMKG : Waspadai Dampak tidak Langsung Siklon Molave

Bahkan di Kecamatan Kuripan dan Tabukan, Kabupaten Barito Kuala banjir yang terjadi sejak tiga pekan terakhir masih berlangsung. "Banjir masih melanda Kecamatan Kuripan dan Tabukan," tutur Plt Kepala BPBD Barito Kuala, Aris Saputera.

Informasi dihimpun Media, beberapa waktu lalu akibat cuaca buruk dan tingginya gelombang menyebabkan sebuah kapal SPOB Bagas Dinar Jaya O1 yang mengangkut minyak sawit karam di perairan Tabonio wilayah Kabupaten Tanah Laut. Sebanyak lima orang ABK kapal berhasil diselamatkan kapal nelayan setempat. (Z-3)

Baca juga : Hadapi La Nina, Pantau Terus Prediksi Cuaca di Aplikasi BMKG

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat