visitaaponce.com

Hutan Gunung Bromo Kebakaran saat Ada Upacara Adat Yadnya Kasada, ini Kata Balai TNBTS

Hutan Gunung Bromo Kebakaran saat Ada Upacara Adat Yadnya Kasada, ini Kata Balai TNBTS
Ilustrasi, Sejumlah wisatawan mengabadikan gambar Gunung Bromo dari Puncak Seruni Point di Probolinggo, Jawa timur(ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya)

KEBAKARAN hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan Gunung Bromo Surabaya dipastikan tidak akan mengganggu pelaksanaan ritual Upacara adat Yadnya Kasada Tahun 2024 yang digelar Jumat hingga Sabtu. 

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono di Surabaya, kemarin mengatakan, upacara Yadnya Kasada tidak terganggu, karena lokasi kebakaran berada di perbukitan bukan di lokasi acara.

"Beberapa titik memang ada (api). Tapi wilayahnya beda, upacara di Sukapura, tapi ini (karhua) berbeda, bukan yang dekat dengan Gunung Bromo, masih cukup jauh," katanya.

Baca juga : Kawasan Hutan Dieng Terbakar, Sumber Api belum Diketahui

Adhy mengaku, akan melakukan pemantauan (karhutla) yang terjadi di TBTS menggunakan helikopter. 

"Siang ini saya akan melihat dari atas. Teman-teman BPBD sudah di sana, untuk memantau langsung," katanya.

Pihak BPBD Jatim dan petugas gabungan kini berusaha memadamkan secara manual.

Baca juga : Ratusan Kios Hangus Akibat Kebakaran Hebat di Pasar Loak Barito Kudus

"Kalau tidak, seperti waktu-waktu sebelumnya kita akan meminta bantuan untuk water bombing (pemadaman lewat udara)," ujar Adhy.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menyatakan, kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di dalam kawasan tersebut, Rabu (19/6) petang kemarin, berhasil dipadamkan setelah mengerahkan puluhan personel gabungan.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani di Kota Malang, Jawa Timur bilang, kebakaran di dalam kawasan taman nasional itu berhasil dipadamkan kurang lebih hari Kamis (20/6), pukul 11.00 WIB.

Septi menjelaskan kebakaran hutan dan lahan tersebut, tepatnya terjadi di kawasan sekitar Puncak Lempitan, dengan posisi di sebelah timur selatan Puncak Lamen, Resort PTN Wilayah Gunung Penanjakan di wilayah Kabupaten Pasuruan. (FL)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat