visitaaponce.com

Hadapi La Nina, Pantau Terus Prediksi Cuaca di Aplikasi BMKG

Hadapi La Nina, Pantau Terus Prediksi Cuaca di Aplikasi BMKG
Ilustrasi(AFP)

PUNCAK La Nina diperkirakan terjadi di bulan Desember 2020-Januari 2021, bersamaan dengan masuknya musim hujan. Dalam menghadapinya, masyarakat diminta aktif memantau informasi peringatan dini lewat aplikasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, selama ini rilis yang dikeluarkan BMKG mengenai prakiraan atau prediksi cuaca masih bersifat makro untuk Indonesia secara keseluruhan. Lewat aplikasi BMKG, informasi itu diberikan lebih detail, berisi prakiraan, prediksi, dan peringatan dini untuk skala mikro atau di wilayah masing-masing.

Pada aplikasi berbasis seluler tersebut, sebut Dwikorita, BMKG menyajikan informasi cuaca setiap kecamatan di seluruh wilayah Indonesia untuk 7 hari ke depan. Prakiraan cuaca tersebut diperbaharui  setiap 3-6 jam dalam satu hari.

“Misalnya Bapak–Ibu tinggalnya di Kecamatan Johar di DKI Jakarta, itu kami juga menyiapkan prakiraan, prediksi, dan peringatan dini untuk skala mikro di level kecamatan. Mohon dicek selalu, dimonitor selalu informasi yang sampai level kecamatan ini melalui aplikasi mobile phone Info BMKG,” katanya seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet RI.

Untuk memastikan informasi peringatan dini cuaca tersebut diterima masyarakat, sambung Dwikorita, BMKG yang ada di seluruh Indonesia juga bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pemerintah daerah. Juga untuk menyiapkan langkah-langkah dalam mengantisipasi perkembangan cuaca.

La Nina adalah salah satu fenomena alam yang menyebabkan curah hujan di suatu kawasan turun secara berlebihan. Karena La Nina, curah hujan di sebagian wilayah Indonesia diperkirakan meningkat hingga 40%.

Akibat La Nina, wilayah yang akan mengalami musim hujan lebih basah dari normalnya tersebar di Aceh bagian utara, sebagian Sumatra Utara, Riau bagian Timur dan Selatan, Sumatra Barat bagian timur, sebagian Jambi, Sumatra Selatan bagian timur, Lampung, sebagian Jawa, Kalimantan bagian utara dan timur, Bali bagian barat, dan sebagian Nusa Tenggara.

Tidak saja berdampak pada curah hujan yang tinggi, La Nina juga berpengaruh terhadap cuaca di laut dan meningkatkan tinggi gelombang karena kecepatan angin yang meningkat. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat