visitaaponce.com

Dukung Pers, Mind IdGelar Dua Kali Kompetisi Jurnalistik

Dukung Pers, Mind Id Gelar Dua Kali Kompetisi Jurnalistik
Ilustrasi.(Dok HPN)

SETIAP 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional. Pada tahun ini, peringatan Hari Pers Nasional jatuh pada Jumat, 9 Februari 2024, dengan mengusung tema Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa.

BUMN Holding Industri Pertambangan Mind Id atau Mining Industry Indonesia ikut merayakan peringatan Hari Pers Nasional 2024. Perusahaan menyadari peran serta insan pers dalam membangun hubungan sehat antara perusahaan dan masyarakat. 

"Insan pers berperan dalam menciptakan fondasi yang kokoh antara perusahaan dan masyarakat. Kami sangat mengapresiasi peran jurnalis dalam membangun narasi perusahaan yang ikut memajukan visi dan memberikan nilai lebih untuk Indonesia," kata Sekretaris Perusahaan Mind Id Heri Yusuf dalam keterangan tertulis, Selasa (27/2). 

Baca juga : Menkominfo Ungkap 3 Isu Utama Perpres Publisher Rights

Mind Id sebagai perusahaan pelat merah yang menjadi holding bagi beberapa perusahaan tambang menyadari peran media sebagai salah satu entitas yang berperan dalam kemajuan industri pertambangan di Indonesia.  Heri mengatakan, sudah seharusnya pihaknya menjalin hubungan baik dengan insan pers untuk mendorong terciptanya operasional pertambangan berkelanjutan. 

Sebagai bagian dari bentuk apresiasi atas dukungan insan pers terhadap Mind Id, perusahaan tercatat sudah dua kali menggelar ajang kompetisi jurnalistik yang diikuti oleh para jurnalis di Tanah Air. Teranyar, MediaMIND 2023 berkolaborasi dengan LKBN Antara. Kompetisi karya jurnalistik tersebut mengangkat tema Memberi Nilai Tambah untuk Indonesia dengan total hadiah mencapai Rp306 juta. Ada empat subtema dalam kompetisi jurnalistik itu, yakni industri, komoditas, ekonomi dan bisnis, serta ESG (Environmental, Social, and Governance).

Perusahaan menunjuk empat jurnalis senior dan seorang pengamat pertambangan menjadi dewan juri, yakni Arif Zulkifli (Anggota Dewan Pers sekaligus Direktur Utama Tempo Inti Media), Oscar Motuloh (Kurator Independen juga Founder Matawaktu.org), Zen RS (Pemimpin Redaksi Narasinewsroom), Titin Rosmasari (Pemimpin Redaksi CNN TV Indonesia), dan Singgih Widagdo (ketua Indonesian Mining & Energy Forum-IMEF). MediaMIND 2023 total berhasil mengumpulkan sebanyak 255 karya dari 131 peserta berisi para jurnalis yang kemudian diseleksi menjadi 33 finalis yang berhak melaju ke babak selanjutnya yakni site visit ke daerah operasional anggota Grup MIND ID. 

"Finalis dibagi menjadi tiga klaster yakni sebanyak 11 jurnalis site visit ke klaster Antam (PT Aneka Tambang Tbk), 11 finalis lagi ke klaster PTBA (PT Bukit Asam Tbk), dan sisanya ke klaster Inalum (Indonesia Asahan Aluminium)," katanya. Setiap finalis diwajibkan membuat karya jurnalistik yang kemudian dinilai oleh tim dewan juri dan setiap klaster ditunjuk satu finalis yang dinyatakan sebagai pemenang. "Para pemenang ini mendapat apresiasi masing-masing Rp10 juta dan khusus untuk Best of The Best Rp20 juta," ujarnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat