visitaaponce.com

Faktor Signifikan yang Membuat Anak Bahagia

Faktor Signifikan yang Membuat Anak Bahagia
Acara parenting talkshow di Tangerang, belum lama ini.(Dokpri)

FUNGSI keluarga, kualitas hubungan orangtua dan anak, serta kepuasan dalam keluarga merupakan beberapa faktor signifikan terhadap kebahagiaan anak. Secara umum, relasi sosial memiliki peran yang sangat besar terhadap kebahagiaan seseorang. Oleh karena itu, anak yang bahagia diciptakan dari keluarga yang penuh kasih sayang, disiplin yang cenderung konsisten, konflik yang menunjukkan cara penyelesaian masalah, dan hubungan yang harmonis. 

"Motherhood merupakan pengalaman yang sangat panjang dan besar. Banyak perasaan dan emosi yang tersentuh ketika seseorang pertama kali menjadi ibu atau ayah. Rasa takut, cemas, senang, perubahan fisik, dan rasa lelah bisa membuat seseorang merasa kewalahan, sehingga terjadi perubahan mood yang dikenal dengan baby blues," papar Wendy Said, Psikolog Rumah Sakit Bethsaida, dalam parenting talkshow di Tangerang, belum lama ini.

Akan tetapi, imbuh dia, baby blues yang berkepanjangan dengan kondisi seperti mood yang sering berubah, kesulitan untuk memenuhi kebutuhan anak, menjaga kebersihan pribadi, perasaan putus asa, atau kesulitan tidur, hal inilah yang disebut dengan post-partum depression. "Salah satu cara yang terpenting untuk mencegah post-partum depression ialah mengetahui batas dari kemampuan kita masing-masing dan mencari bantuan dari orang di sekeliling kita yang bisa dipercaya. Misalnya, orangtua, kakek, nenek, saudara, teman, pasangan, profesional, atau perawat dan sistem sosial yang ada di sekeliling kita." 

Menurut Wendy, ibu dan ayah yang baru pertama kali menjadi orangtua bisa sama-sama belajar cara mengganti popok, membuat susu, atau menggendong bayi sebelum keluar dari rumah sakit. Dengan demikian, ibu ataupun ayah bisa beristirahat secara bergiliran, membagi tugas, menjaga kesehatan mental masing-masing, dan melindungi kebahagian si kecil.

Senior Vice President for Baby, Kids & Toy Brands in Kanmo Group Vasudev Kataria mengungkapkan pihaknya konsisten dalam mendukung tumbuh kembang anak sedari masa kehamilan ibu. Tidak ada waktu senggang lagi buat para orangtua mendapatkan kebutuhan si kecil di satu tempat dalam waktu sekejap. "Karenanya kami terus membawa banyak merek terkemuka hadir di Mothercare. Lewat banyak program dan kegiatan positif dari Mothercare, kami berharap dapat memaksimalkan kebutuhan para orangtua dan anak-anak hingga usia 8 tahun dengan lebih mudah lewat satu tempat," pungkasnya. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat