visitaaponce.com

Papdi Anjurkan Masyarakat Lakukan Vaksinasi Covid-19 sebelum Mudik

Papdi Anjurkan Masyarakat Lakukan Vaksinasi Covid-19 sebelum Mudik
Sejumlah calon penumpang antre untuk lapor diri secara mandir di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (19/4/2023).(ANTARA/MUHAMMAD IQBAL )

MESKI secara global kasus covid-19 baru dan kematian serta perawatan akibat covid-19 mengalami penurunan dibanding beberapa tahun lalu, namun tren kasus baru dan kematian akibat covid-19 saat ini masih sulit diprediksi. Berbagai upaya penanggulangan perlu dilakukan, selain pengobatan, saat ini pencegahan covid-19 melalui vaksinasi menjadi suatu aspek penting. Vaksin covid-19 telah dilakukan pertama kali di Indonesia sejak Januari 2021 silam. 

Berdasarkan rekomendasi dari WHO, hingga saat ini vaksinasi covid-19 masih tetap diperlukan oleh masyarakat. Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi) dalam hal ini Satgas Imunisasi Dewasa telah mengeluarkan rekomendasi vaksinasi covid-19 terbaru bagi orang dewasa. Rekomendasi ini dibuat sebagai acuan masyarakat dalam memperoleh vaksinasi covid-19 serta sebagai upaya meningkatkan cakupan vaksinasi covid-19 di Indonesia. Rekomendasi ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat secara luas agar tetap waspada tehadap penularan covid-19 serta pencegahannya dalam hal vaksinasi. 

Dikatakan oleh Prof Dr dr Samsuridjal Djauzi SpPD K-AI, Penasihat Satgas Imunisasi Papdi, terdapat beberapa bukti yang menunjukkan bahwa covid-19 dapat memicu reaksi autoimun pada beberapa individu seperti sindrom kelelahan kronis, arthritis reaktif, dan gangguan neurologis autoimun.

Baca juga : Ingin Mudik? Anda Disarankan Vaksinasi Booster Covid-19, 28 Hari Sebelumnya

Selain itu, terdapat kasus yang melaporkan adanya peningkatan kadar antibodi yang menyerang jaringan tubuh sendiri setelah terinfeksi covid-19. Hal ini menunjukkan bahwa virus tersebut dapat memicu respon autoimun pada beberapa individu. Vaksinasi terbukti efektif dalam mencegah penularan dan beratnya penyakit akibat covid-19 serta komplikasinya termasuk kematian.

Ketua Umum PB Papdi Dr dr Sally A Nasution SpPD K-KV, mengimbau agar masyarakat sebaiknya melakukan vaksinasi covid-19 mulai dari sekarang atau 28 hari sebelum mudik dan lebaran, supaya perayaan hari raya Idulfitri dapat lebih aman dan nyaman tanpa penularan covid-19. “Kita perlu saling menjaga satu sama lain melalui protokol kesehatan, terutama karena saat ini sudah banyak prokes yang longgar, maka perlu menjaga dengan vaksinasi.”

Ketua Satgas Imunisasi Papdi, DR Dr Sukamto Koesnoe Sp.PD K-AI menjelaskan sejumlah hal mengapa vaksin untuk orang dewasa sangat penting. Vaksin adalah cara terbaik untuk melindungi diri dan keluarga dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Vaksinasi sering difokuskan pada bayi dan balita, padahal banyak orang dewasa mungkin tidak lagi terproteksi atau tidak terimunisasi lengkap oleh vaksin yang diterima pada masa kanak-kanak.

Selain itu, masyarakat jarang mendengar tentang penyakit lain yang dapat dicegah dengan vaksin yang menyerang orang dewasa semisal polio, cacar, dan campak. Padahal ada kemungkinan penyakit lain dimana orang dewasa berisiko karena faktor umur, pekerjaan, gaya hidup, kondisi kesehatan, dan atau bepergian.

Dikatakan oleh Dr Sukamto, kelompok masyarakat yang direkomendasikan untuk menerima vaksinasi covid-19 berdasarkan rekomendasi Papdi 2023 tentang vaksinasi covid-19 adalah orang dewasa usia 18-59 tahun, lansia di atas usia 59 tahun, orang dewasa dengan indikasi medis/komorbid seperti penyakit jantung, penyakit hati kronis, penyakit ginjal (gagal ginjal, hemodialisis, penyakit ginjal stadium akhir), penderita diabetes melitus tipe 2, infeksi HIV, kondisi imunokompromais sedang-berat, wanita hamil dan juga petugas kesehatan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat