visitaaponce.com

Menag Nyepi Melatih Bakti dan Peduli

Menag: Nyepi Melatih Bakti dan Peduli
Umat Hindu di Bali melaukan ritual Melasti jelang Hari Raya Nyepi(AFP)

PADA perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 memiliki makna sebagai media mendekatkan diri dengan Tuhan, melatih bakti dan disiplin diri, serta meningkatkan solidaritas antar sesama dan penguatan identitas kultural.

"Secara spiritual, Nyepi kita maknai sebagai salah satu proses mencari sang diri sejati dan pendakian spiritual. Dengan demikian, Nyepi akan membawa berkah kedamaian, keharmonisan, dan kekeluargaan, bagi umat Hindu dan juga bagi bangsa dan negara kita Indonesia," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Senin (11/3).

Nyepi pada intinya adalah Penyucian Bhuana Agung/makro cosmos/alam semesta dan penyucian Bhuana Alit/mikro cosmos/diri manusia. Hal itu diejawantahkan dalam empat rangkaian upacara. Pertama, Upacara melasti untuk menyucikan wilayah sumber mata air. Kedua, upacara tawur agung kesanga untuk menyucikan wilayah di dataran agar lingkungan alam kembali harmonis.

Baca juga : Tol Bali Mandara Ditutup selama 32 Jam saat Hari Raya Nyepi

Ketiga, Catur Brata Penyepian berupa Amati Geni, Amati Karya, Amati Lelungan, dan Amati Lelanguan. Dan keempat, Dharma Santi, berupa kegiatan sosial saling memaafkan dan menjalin hubungan harmonis antar sesama manusia.

"Saya mengajak semua umat beragama, khususnya umat Hindu, untuk mendalami dan merenungkan kembali hakekat dan makna Hari Suci Nyepi agar kita dapat sepenuhnya melakukan introspeksi diri atau mulat sarira yakni sikap tidak saling menyalahkan dan tidak merasa paling benar," ujar dia.

"Saya yakin, agama-agama yang ada di Indonesia sangat besar kontribusinya dalam membangun peradaban sejarah Indonesia baik secara sosial maupun kultural. Mari kita jaga, dan pelihara bersama keberagamaan yang ada di Indonesia sebagai wujud dharma bhakti kita kepada Bangsa dan Negara," tambahnya.

Selamat Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1946 bagi umat Hindu. Semoga kita semua mendapat kedamaian dan kebahagian. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat