visitaaponce.com

Menparekraf Realisasi Perjalanan Wisatawan Nusantara di 2023 Jauh dari Target

Menparekraf: Realisasi Perjalanan Wisatawan Nusantara di 2023 Jauh dari Target
Ilustrasi: pengunjung berswafoto di lokasi wisata sejarah mercusuar Willem Toren III, Desa Meulingge Pulo Breuh, Kecamatan Pulo Aceh(Antara)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyampaikan 9 indikator makro kinerja Kemenparekraf sepanjang 2023. 9 indikator tersebut antara lain adalah nilai devisa pariwisata, kontribusi pendapatan domestik bruto (PDB) pariwisata, nilai ekspor produk ekonomi kreatif, jumlah wisatawan mancanegara (wisman), jumlah wisatawan nusantara (wisnus), peringkat travel and tourism development Index (TTDI), jumlah tenaga kerja pariwisata dan jumlah tenaga kerja ekonomi kreatif.

"Nilai devisa pariwisata mencapai US$14 miliar, kontribusi PDB sudah 3,9%, nilai ekspor produk ekonomi kreatif ini juga mencapai US$23,96 miliar dan yang perlu saya garis bawahi terkait juga dengan ekonomi kreatif ternyata nilai tambah ekonomi kreatif kita sudah melampaui angka Rp1.300 triliun dan berhasil mencapai Rp1.414,77 triliun. Ini adalah angka fantastis dan menunjukkan ekonomi kreatif adalah lokomotif masa depan ekonomi Indonesia," ucap Sandiaga saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Jakarta pada Rabu (13/3).

Selain itu, lanjut Sandi, jumlah wisman juga melebihi target yakni di 11,7 juta, sedangkan jumlah wisman yang ditargetkan hanya berada di angka 6-8,5 juta orang. Sedangkan jumlah wisnus tercatat sebanyak 750 juta pergerakan, angka ini masih sangat jauh dari target yang dicapai yakni sebanyak 1,2-1,4 miliar pergerakan/orang.

Baca juga : Wali Kota Ali Ibrahim Gigih Perjuangkan Kota Tidore Kepulauan Jadi KSPN

"Ini juga kita harapkan akan terus meningkat selagi kita juga membenahi perhitungan dari pergerakan wisata Nusantara ini agar sesuai dengan target yang dicanangkan," tegasnya.

Sementara itu, peringkat TTDI berada di 29-34 dan jumlah tenaga kerja pariwisata sebanyak 24,4 juta dan jumlah tenaga kerja ekonomi kreatif di 24,9 juta.

"Kalau ditotal ini hampir 50 juta tenaga kerja yang dihasilkan oleh sektor parekraf kita", pungkasnya.

Adapun realisasi keuangan tahun anggaran 2023 Kemenparekraf mencapai Rp3,336 triliun atau sebesar 98,38% dari total pagi anggaran Rp3,391 triliun. (Fal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat