visitaaponce.com

Menparekraf Pariwisata Kabupaten Sukabumi Berpengaruh Signifikan Terhadap Perekonomian Masyarakat

Menparekraf : Pariwisata Kabupaten Sukabumi Berpengaruh Signifikan Terhadap Perekonomian Masyarakat
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.(Dok. Pemkab Sukabumi)

BUPATI Sukabumi H Marwan Hamami menerima kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno, pada Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Ke-64 Tahun 2024, di Dermaga 1 PPNP Palabuhanratu, Kamis, 23 Mei 2024.

Kunjungan Menparekraf itu membawa kabar bahwa Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Ke 64 kembali masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Berbagai kesenian ditampilkan saat menyambut kedatangan Menteri di Palabuhanratu, mulai dari tari-tarian tradisional sampai dengan atraksi laes. 

Baca juga : Wali Kota Ali Ibrahim Gigih Perjuangkan Kota Tidore Kepulauan Jadi KSPN

Menparekraf mengatakan, pariwisata Kabupaten Sukabumi membawa perubahan yang cukup signifikan terhadap taraf perekonomian masyarakat. Dimana, semula kaum perempuan Kabupaten Sukabumi berprofesi sebagai tenaga kerja luar negeri kini menjadi pengusaha baik pengusaha homestay maupun pelaku UMKM. 

"Event ini akan kita tingkatkan untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih baik," ujarnya. 

Ia menyatakan, selain Festival Hari Nelayan Palabuhanratu, Kemenparekraf juga akan terus mendorong potensi lain untuk masuk pada kalender event tahunan atau KEN, seperti Atraksi Laes dan Event Cimaja Surf Festival. 

Baca juga : Jawab Perkembangan Tren Global dengan Kesiapan Tenaga Pariwisata Nasional

"Atraksi laes ini luar biasa, daya tariknya bisa dikembangkan menjadi event tersendiri dan bisa digabungkan dengan pengembangan Desa Adat yang ada di Kabupaten Sukabumi," jelasnya.
 
Menparekraf mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama mendorong promosi dan peningkatan kunjungan wisatawan. 

"Ini adalah kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. 

Sementara itu, Bupati Sukabumi H Marwan Hamami menginginkan bahwa event-event yang diselenggarakan Kabupaten Sukabumi bisa terus didorong agar bisa masuk kedalam Kharisma Event Nusantara seperti Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Ke-64. 

"Kita berharap suport dari Mas Menteri agar seluruh event yang di selenggarakan di kabupaten sukabumi bisa masuk kedalam KEN," pintanya. 

Bupati berharap, kedepan festival yang masuk dalam KEN bisa terus bertambah untuk mendongkrak pergerakan ekonomi Kabupaten Sukabumi. (RO/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat