visitaaponce.com

9 Target Kinerja Kemenparekraf di 2024

9 Target Kinerja Kemenparekraf di 2024
Ilustrasi: wisatawan mancanegara mencoba meminum jamu tradisional saat kegiatan Eco Market di kawasan pariwisata The Nusa Dua, Badung, Bali(Antara)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (MenparekrafSandiaga Uno menyampaikan 9 target kinerja Kemenparekraf di tahun ini. Adapun 9 target tersebut adalah peningkatan kontribusi pendapatan domestik bruto (PDB) pariwisata, peningkatan nilai devisa pariwisata, peningkatan jumlah wisatawan mancanegara (wisman), peningkatan jumlah wisatawan Nusantara (wisnus), dan peningkatan nilai ekspor produk ekonomi kreatif (ekraf).

"Dari kontribusi PDB pariwisata dari capaian tahun lalu ke-4,5% di 2024, nilai devisa pariwisata US$10 miliar ke US$13 miliar serta tenaga kerja pariwisata di 24,5 juta orang dan jumlah tenaga kerja ekonomi kreatif 24,9 juta orang," katanya saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Jakarta pada Rabu (13/3).

Sedangkan untuk wisman, Sandiaga menargetkan untuk tahun ini sebanyak 10,4-14,3 juta kunjungan, untuk wisman sendiri ia menargetkan 1,25-1,5 miliar perjalanan bisa dicapai di tahun ini.

Baca juga : Menparekraf: Realisasi Perjalanan Wisatawan Nusantara di 2023 Jauh dari Target

"Perlu kita garis bawahi karena metode perhitungan yang sedang kami dalami dengan BPS. Selanjutnya nilai tambah ekonomi kreatif ditargetkan Rpq1,347 triliun, dan peningkatan target nilai ekspor produk ekraf menjadi US$27,5 miliar,"

Lebih lanjut, adapun pagu alokasi tahun anggaran 2024 Kemenparekraf sendiri yaitu sebesar Rp3,534 triliun. Namun berdasarkan surat Menteri Keuangan 29 Desember 2023 pagu Kemenparekraf terkena kebijakan automatic adjustment yaitu sebesar Rp236 miliar.

"Dengan adanya kebijakan Automatic Adjustment ini maka anggaran yang bisa dimanfaatkan sementara ini adalah Rp3,297 triliun," tandasnya. (Fal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat