visitaaponce.com

Penanganan Psoriasis Harus Libatkan Berbagai Pihak

Penanganan Psoriasis Harus Libatkan Berbagai Pihak
Kegiatan ERHA Skinability di Bali, akhir pekan lalu.(HO)

PSORIASIS adalah penyakit autoimun inflamasi yang ditandai dengan lesi merah dan plak meradang. Sebagai penyakit yang menyerang kulit, tulang, hingga sendi, psoriasis dianggap tidak hanya menyerang fisik, namun juga kondisi psikologis.

Para penyintas psoriasis kerap kali mendapatkan stigma negatif didalam kehidupan sehari-hari. Hal ini makin membuat penyintas psoriasis mengalami penurunan produktivitas dan membutuhkan perhatian yang lebih baik dari pihak luar.

Melanjutkan program sosialnya di bidang kesehatan, ERHA Ultimate menggelar ERHA Skinability, Sabtu (16/3) di Swisbel-Hotel Rainforest Bali. Acara ini merupakan sebuah kegiatan edukasi kepada penyintas psoriasis. Dalam acara ini, digelar diskusi langsung bersama dokter spesialis kulit dan kelamin ERHA Ultimate serta memberikan edukasi para penyintas psoriasis terkait cara-cara mengontrol penyakit itu agar tidak semakin memburuk.

Baca juga : Awas, Psoriasis Bisa Dipicu Stres dan Cuaca

"Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Erha dalam menciptakan akses yang lebih baik bagi para pejuang psoriasis. Program yang mencakup layanan Erha Atopy and Skin Disease Center merupakan program klinikal dengan fokus mengatasi permasalahan kulit seperti dermatitis atopik, psoriasis, vitiligo dan penyakit kulit lainnya di Indonesia," kata Chief Corporate Affaris Officer Arya Noble Group (ERHA), Andreas Bayu Aji dalam keterangannya, Senin (18/3).

Bayu Aji mengatakan penyintas psoriasis sangat rentan dan kerap mendapatkan diskriminasi dari masyarakat sehingga stigma yang berkembang tentang penyakit ini selalu negatif. Dikatakan, ERHA tergerak memberikan edukasi dan pendampingan kepada para penyintas untuk selalu menegakan kepala dan bersama dalam menghadapi penyakit ini. "Memang tidak mudah, tetapi dengan dukungan seluruh komunitas seperti Psoriasis Indonesia dan komunitas lainnya, kami yakin kita bisa membantu untuk merubah stigma negatif tentang psoriasis di masyarakat," jelasnya.

Chiara Lionel Salim, founder Komunitas Psoriasis Indonesia menyebut  penyintas psoriasis bukan hanya memikirkan tentang ruam yang melekat dikulit, tapi ini adalah perjalanan hidup yang penuh tantangan dan penuh perjuangan untuk mengendalikannya. "Kita selalu menguatkan, saling menginformasikan jika ada informasi terbaru terkait dengan psoriasis sehingga para anggota juga selalu tau dan memahami tentang cara meminimalisir jika gejala psoriasis sedang memburuk," ujarnya.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. I Gusti Ayu Raka Susanti menyambut baik inisiatif ERHA dalam mengedukasi para penyintas psoriasis di Bali. "Penyintas psoriasis harus sama-sama kita dukung dan kita kuatkan, jangan malah dianggap bahwa penyakit ini menjadi batasan bagi mereka untuk beraktivitas di kesehariannya. (RO/R-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat