visitaaponce.com

Kasus DBD Naik Dua Kali Lipat dari Tahun Lalu

Kasus DBD Naik Dua Kali Lipat dari Tahun Lalu
Pasien demam berdarah dengue (DBD) menjalani perawatan di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Jumat (8/3/2024).(Antara/Yusuf Nugroho)

HINGGA kini kasus demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia mencapai 38.462 kasus. Kasus kematian akibat DBD mencapai 316 kasus di 213 kabupaten/kota di Indonesia.

"Kalau kasus DBD pada minggu ke-12 tahun 2024 itu mencapai 38.462 kasus dan angka kematiannya 316 kasus ya," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi, Jumat (29/3).

Angka tersebut terbilang sangat tinggi bila dibandingkan dengan 2023. Pada pekan ke-12 tahun lalu kasus DBD hanya 17.434 kasus sehingga di 2024 meningkat dua kali lipat.

Baca juga : Waspada, Anak Usia 5-14 Tahun Terbanyak Kena Demam Berdarah

"Begitu juga angka kematian yang meningkat di pekan ke-12 tahun lalu itu 118 kasus. Sementara tahun ini di periode sama sudah 316 kasus," ujar dia.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang memiliki gejala DBD seperti muntah terus menerus, nyeri perut, kaki dan tangan pucat, nadi melemah, lesu, urine yang menurun, dan sebagainya segera melakukan pengecekan ke fasilitas kesehatan terdekat. Meningkatnya kasus DBD di Indonesia karena faktor cuaca yang memengaruhi siklus kehidupan nyamuk yang juga meningkat.

Faktor-faktor penyebabnya karena pergeseran dari musim kemarau yang memanjang menjadi musim hujan. Begitu pun perubahan iklim dan El Nino. 

Perubahan cuaca memengaruhi nyamuk karena siklus kehidupan nyamuknya dari bertelur menjadi nyamuk dewasa juga menjadi lebih cepat. Alhasil terjadi peningkatan nyamuk Aedes aegypti. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat