visitaaponce.com

Soloputri Bawa Misi Budaya Indonesia agar Dicintai Secara Turun-temurun

Soloputri Bawa Misi Budaya Indonesia agar Dicintai Secara Turun-temurun
Soloputri(MI/Despian Nurhidayat)

KERESAHAN terhadap kurangnya rasa cinta terhadap kebudayaan Indonesia membawa Karina Trijono menciptakan Soloputri, produk fesyen yang mengangkat batik dengan sentuhan modern kontemporer minimalis.

Didirikan sejak 2018, Karina mengatakan bahwa kegelisahannya ini bermula saat dirinya melihat banyak anak muda Indonesia yang lebih mengagumi budaya luar sementara budaya Indonesia tidak begitu diperhatikan.

“Padahal budaya kita juga bagus, mungkin hanya kurang eksposure saja. Karena itu saya mengangkat batik yang budaya Indonesia dengan sentuhan yang modern dan kontemporer minimalis,” ungkapnya saat diwawancarai oleh Media Indonesia, Jumat (22/3).

Baca juga : Ratusan UMKM Naik Kelas Melalui Program PFpreneur

Lebih lanjut, menurutnya batik yang selama ini beredar di masyarakat merupakan batik tradisional yang sudah memiliki pakem tersendiri.

Maka dari itu, untuk mempopulerkan budaya ini ke generasi muda dan juga dunia internasional, dia membuat konsep modern kontemporer agar produknya dapat dipakai di mana saja dan kapan saja.

“Saya juga buat motifnya itu dari tempat-tempat di Indonesia seperti di Jakarta saya buat motifnya dari ikon Monas, Ondel-Ondel, Elang Bondol, dan Kali Ciliwung. Jakarta kan selama ini enggak punya sofenir kan. Makanya kita menghadirkannya dengan konsep modern kontemporer,” kata Karina.

Baca juga : Skema Beli Putus Solusi Jitu ala Henny Rangkul UMKM

Dia juga menegaskan bahwa Soloputri yang merupakan UMKM binaan BRI ini juga sangat mementingkan lingkungan, di mana bahan yang dia buat berasal dari serat alam seperti bahan katun, linen atau silk. Sementara untuk bahan pewarna yang digunakan sendiri berasal dari tanaman indigofera.

Soloputri sendiri menjadi salah satu UMKM yang masuk dalam BRILIANPRENEUR 2023. Dalam kesempatan itu, Soloputri berhasil melakukan business matching dengan investor asal Australia untuk memasarkan produknya di sana.

“BRI itu sangat baik hati. Saya diajak oleh BRI juga menjadi Srikandi BUMN dan bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir,” ujarnya.

Produk Soloputri sendiri sudah berada di beberapa ritel seperti Grand Indonesia dan Sarinah.

“Ke depannya saya ingin membesarkan market di Indonesia. Makin banyak outlet ritel modern yang mau kita jajaki dan luar negeri. Tujuan utama kita sih budaya Indonesia dicintai secara turun temurun dan juga oleh orang luar negeri,” pungkas Karina. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat