visitaaponce.com

5 Manfaat Stroberi untuk Program Hamil

5 Manfaat Stroberi untuk Program Hamil
Wisatawan memetik stroberi di tempat wisata Lumbung Stroberi di Pandanrejo(Antara)

SPESIAL untuk pasangan yang tengah menjalankan program hamil (promil), kesehatan dan nutrisi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu aspek yang seringkali terabaikan adalah peran makanan dalam meningkatkan kesuburan dan kesehatan reproduksi.

Lantas tahukah Anda, salah satu  buah yang terkenal akan khasiatnya dalam mendukung kesuburan adalah stroberi. Meskipun sering dianggap sebagai buah biasa, stroberi sebenarnya memiliki potensi besar untuk mendukung proses promil. 

Mari kita telusuri lebih dalam tentang lima manfaat stroberi yang dapat menjadi sekutu penting dalam perjalanan menuju kehamilan yang diidamkan. Dilansir dari klikdokter.com, stroberi memiliki manfaat yang dapat mendukung kesuburan.

Baca juga : Memahami Pola Nutrisi Sehat akan Membantu Anda Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Berikut Beberapa Manfaat Stroberi

  • Menjaga Berat Badan Ideal

Stroberi rendah kalori, sehingga dapat menjadi camilan sehat untuk menjaga berat badan yang ideal, yang merupakan faktor penting dalam usaha untuk cepat hamil.

Stroberi mengandung asam folat yang penting untuk kesehatan ovarium pada wanita serta mendukung proses pembuahan dan pembentukan janin. Asam folat juga penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Kaya Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam stroberi dapat melindungi sperma dari radikal bebas, yang dapat memengaruhi pergerakan, kualitas, dan jumlah sperma baik pada pria maupun wanita.

Baca juga : Konsumsi Kedelai Berlebihan saat Hamil Picu Kelainan Genital pada Janin Laki-laki

  • Kaya Vitamin C

Vitamin C dalam stroberi membantu produksi hormon yang penting untuk menjaga kesehatan sel telur pada wanita. Konsumsi stroberi secara teratur dapat membantu menjaga kualitas sel telur.

  • Meningkatkan Gerak dan Kualitas Sperma

Vitamin C dalam stroberi dapat meningkatkan motilitas dan kualitas sperma pada pria.

Cara Makan Stroberi yang Tepat

Nah setelah mengetahui manfaat nya penting juga bagi Anda mengetahui lebih lanjut tentang cara makan stoberi yang tepat agar promil berhasil.

Baca juga : Pengenalan Aneka Ragam Makanan Lewat MPASI akan Penuhi Kebutuhan Gizi Anak

Mengonsumsi stroberi selama merencanakan kehamilan adalah pilihan yang sangat fleksibel dan mudah disesuaikan dengan berbagai makanan atau minuman:

  • Pilih stroberi segar daripada yang sudah diolah.

Stroberi segar mempertahankan rasa alami mereka dan memiliki kandungan gula yang lebih rendah serta lebih banyak nutrisi, serat, dan antioksidan, yang bermanfaat untuk kesehatan.

  • Campurkan stroberi dengan berbagai buah-buahan dan sayuran.

Disarankan untuk mengonsumsi 4 sampai 5 cangkir campuran buah-buahan dan sayuran setiap hari. Namun, jangan hanya mengandalkan stroberi untuk memenuhi semua kebutuhan ini.

  • Coba variasi dengan membuat smoothie atau milkshake stroberi sehat.

Anda juga bisa menambahkan stroberi cincang ke dalam sereal sarapan Anda atau membuat minuman menyegarkan seperti infused water, jus, atau sorbet stroberi tanpa tambahan gula. Ini semua merupakan pilihan yang bergizi dan menyegarkan bagi ibu hamil, terutama saat cuaca sedang panas. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat