visitaaponce.com

Soal Asam Sulfat Ibu Hamil, Ini Sindiran Anies kepada Gibran

Soal Asam Sulfat Ibu Hamil, Ini Sindiran Anies kepada Gibran
Anies Baswedan, capres nomor urut satu.(AFP)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyinggung soal asupan zat asam folat yang dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah stunting. Hal itu disampaikan Anies saat menjawab pertanyaan dari publik mengenai pernyataan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.

Dalam beberapa kali kesempatannya berkampanye, Gibran menyebut ibu hamil butuh asam sulfat (H2SO4). Padahal, yang dibutuhkan adalah asam folat.

"Asam folat itu didapatnya dari tanaman bukan di bengkel," kata Anies di acara 'Desak Anies episode 5 Banjarmasin', di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dikutip dari YouTube Anies Baswedan, Selasa, 5 Desember 2023.

Baca juga : Soal Asam Sulfat, Airlangga Hartarto: Masih Banyak Forum untuk Gibran

Anies mengatakan selain asam folat yang dibutuhkan calon ibu yakni zat besi serta yodium. Zat besi didapatkan dari daging serta makanan.

Ia juga menyinggung soal program menangani stunting saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Program itu bernama 'Bagimu'.

Bagimu merupakan akronim dari bahagiakan, beri gizi, dan stimulasi. Program ini melibatkan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan dasawisma.

Baca juga : Jokowi Bagi Bansos karena Panik? Jusuf Kalla: Lebih dari Itu

"Jadi stunting itu tidak cukup hanya dengan gizi, berikan kebahagiaan berikan gizi berikan stimulasi dari situ baru anak itu akan tumbuh dengan baik. Nah itu yang kita ingin kerjakan," ujar Anies.

Sebelumnya, Gibran salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat. Hal itu ia sampaikan saat berbicara soal mewujudkan Indonesia Emas 2024. Caranya dengan dengan menghapuskan stunting.

"Lalu ketika hamil harus dicek dia misalnya asam sulfat, yodiumnya terpenuhi enggak, ketika anaknya lahir sampai 2 tahun ASI-nya terpenuhi gak, berat badannya tinggi badannya oke gak," kata Gibran di acara Diskusi Ekonomi Kreatif, Jakarta, Minggu, 3 Desember 2023.

Baca juga : Soal Gibran Sebut Tom Lembong dalam Debat, Ada yang Kangen?

Untuk diketahui, asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks yang baik untuk kesehatan perempuan. Bagi ibu hamil, asam folat termasuk asupan terpenting selain zat besi, kalsium, dan mineral.

Sedangkan, asam sulfat merupakan cairan berbahaya. Zat ini yang sering dipakai dalam pembuatan aki, pupuk, pulp, dan kertas. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat