visitaaponce.com

Hari Bumi, BUMN Tambang Kurangi Air Kemasan Plastik

Hari Bumi, BUMN Tambang Kurangi Air Kemasan Plastik 
Ilustrasi.(MI/HO)

HARI Bumi 2024--yang diperingati setiap 22 April--mengajak komunitas global untuk beraksi bersama dalam menghadapi tantangan plastik demi masa depan yang lebih berkelanjutan dan sehat. Tema yang diusung kali ini ialah Planet vs Plastic atau Planet Lawan Plastik. Inisiatif global ini menekankan pada pentingnya menghentikan penggunaan plastik guna melindungi kesehatan manusia dan menjaga kelestarian lingkungan Bumi. 

Sekretaris Perusahaan Mind Id Heri Yusuf mengatakan belakangan ini, limbah plastik yang belakangan menjadi isu yang semakin serius untuk dihadapi bersama. BUMN holding industri pertambangan itu berkomitmen proaktif mengampanyekan pengurangan plastik di lingkungan perseroan dengan tidak menggunakan air kemasan.

"Beberapa inisiatif itu di antaranya dilakukan anggota grup PT Freeport Indonesia (PTFI). Perusahaan sudah konsisten menekan pemakaian botol plastik air minum dalam kemasan (AMDK) sekali pakai," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (23/4). Diketahui, perusahaan kini memanfaatkan air alami yang diperoleh dari mata air alami yang terjaga kualitasnya. Sistem air minum dipasang di area kerja PTFI. Kemudian setiap karyawan yang mengonsumsi air minum tersebut dibekali tumbler yang bisa dipakai berulang kali.

PT Aneka Tambang Tbk di Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) sejak 5 Juni 2023, semua karyawannya tidak lagi yang menggunakan air minum kemasan. Perusahaan menyediakan dispenser air minum yang dapat digunakan untuk mengisi ulang air. Di Sumatra Selatan, PT Bukit Asam Tbk melalui Huadian Bukit Asam Power (HBAP) mengajak semua orang di lingkungan PLTU Tanjung Lalang untuk menggunakan kemasan minuman yang dapat digunakan kembali sehingga mengurangi sampah plastik yang berasal dari kemasan minuman. (Z-2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat