visitaaponce.com

Angka DBD Capai 76 Ribu, Gerakan Masyarakat Sehat Perlu Ditumbuhkan Kembali

Angka DBD Capai 76 Ribu, Gerakan Masyarakat Sehat Perlu Ditumbuhkan Kembali
Penderita DBD yang dirawat di RSUD Ciereng Subang(MI/Reza Sunarya)

GERAKAN Masyarakat Sehat (Germas) perlu ditingkatkan apalagi kasus demam berdarah (DBD) yang terus meroket tajam.

"Saya mengajak kepada seluruh stakeholder, khususnya Kementerian Kesehatan sebagai mitra kami, kita cari terobosan yang bisa benar-benar menjadi solusi untuk menghentikan atau mengurangi angka peningkatan DBD ini, dan juga mencegah adanya penambahan angka meninggal," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati, Sabtu (27/4).

Masyarakat diharapkan mulai kembali menumbuhkah gaya hidup sehat di lingkungan masing-masing. Dengan begitu aktivitas membersihkan, menguras, serta menutup kembali dilakukan masyarakat sekitar secara gotong royong.

Baca juga : 3 Orang Meninggal Dunia, Kasus DBD di Kabupaten Garut Mencapai 1.133 Orang

"Gerakan masyarakat sehat di seluruh fasyankes, dan juga seluruh masyarakat kita berkolaborasi, tokoh-tokoh masyarakat juga kita ajak berkolaborasi, tokoh-tokoh agama untuk sama-sama bisa mencegah berkembangbiaknya nyamuk yang menjadi penyebab DBD ini," ujar dia

Selain itu, ia juga menyoroti stok darah di rumah sakit juga perlu ditingkatkan apalagi untuk penanganan pasien DBD di rumah sakit. Upaya penanganan di rumah sakit harus dilakukan dengan cepat supaya tidak terlambat penanganannya. Termasuk ketika ada kekurangan darah trombosit, maka harus sudah ada stok untuk donor darahnya.

"Beberapa kasus yang saya temukan, antara lain, adalah stok darah trombosit, beberapa kasus pasien atau rumah sakit sulit untuk mendapatkan stok trombosit karena memang kekurangan. Ini akhirnya membuat pasien (DBD) agak drop. Sehingga ketersediaan trombosit ini perlu ditingkatkan," ungkapnya.

Baca juga : Kasus DBD di Banyumas Masih Tinggi, Ada 5 Pasien Meninggal Dunia

Faktor lain yang menjadi perhatiannya adalah soal perubahan iklim. Saat ini, masuk masa pancaroba yang sangat panjang, sehingga nyamuk berkembang biak dengan cepat di masa-masa ini. Jadi, lanjutnya, perubahan iklim ini harus menjadi perhatian semua pihak, kewaspadaan harus ditingkatkan. Menurutnya, saat ini Kemenkes dengan beberapa upaya yang sudah dilakukan perlu ditingkatkan.

"Artinya beberapa upaya sudah dilakukan Kemenkes, (namun) harus ada terobosan yang lebih signifikan lagi untuk bisa menghentikan dengan segera lonjakan angka pasien DBD, khusus harus menekan semaksimal mungkin angka meninggal yang disebabkan oleh DBD," pungkasnya.

Diketahui pada minggu ke 16 tahun ini, jumlah kasus DBD sebanyak 76.132 kasus dengan angka kematian mencapai 540 kasus. (Iam/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat